Comscore Tracker

Masuk ke Sumur, Seorang Petani di Madiun Tewas 

Sebelumnya diperkirakan terpeleset

Madiun, IDN Times - Seorang petani di Desa Sirapan, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun meninggal di sebuah sumur areal persawahan desa setempat. Jasad korban bernama Sukimin (57), kali pertama ditemukan oleh Bagus, anaknya dalam kondisi terapung pada Selasa (14/1) pagi.

Kala itu, saksi sedang mencari keberadaan ayahnya yang tidak pulang sejak Senin (13/1) sore. Sekitar pukul 15.30 WIB saat itu, Sukimin pamit pergi ke sawah untuk mengecek pompa air di sumur yang aliran airnya tersumbat.

1. Tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan

Masuk ke Sumur, Seorang Petani di Madiun Tewas Jenazah korban yang tewas tercebur sumur di Kabupaten Madiun Berhasil dievakuasi. Dok. IDN Times/Istimewa

Jarak bibir sumur dengan tanah hanya sekitar 20 sentimeter. Adapun kedalamannya sekitar lima meter. Di dasar sumur itu terdapat mesin pompa air yang biasanya digunakan mengalirkan air ke sawah. 

Kepala Unit Reskrim Polsek Nglames, Ipda Aris Yuliarto menyatakan tidak ada saksi yang mengetahui korban masuk ke dalam sumur. Namun, korban dimungkinkan terpeleset di bibir sumur hingga akhirnya tercebur. 

Prediksi lain, korban masuk ke sumur melalui anak tangga yang terpasang di dinding sumur. "Dugaan awal penyebab kematian korban karena kekurangan oksigen. Dari pemeriksaan tubuh korban juga tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan," ujar Aris. 

2. Petugas gabungan datangi lokasi kejadian

Masuk ke Sumur, Seorang Petani di Madiun Tewas Mayat korban diangkut mobil polisi untuk dibawa ke rumah duka. Dok.IDN Times/Istimewa

Pemeriksaan tubuh korban dilakukan oleh tim dokter Polres Madiun, dokter Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, dan tim Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) setempat yang datang ke lokasi kejadian.

Petugas gabungan dari sejumlah instansi datang ke TKP setelah menerima informasi yang disampaikan perangkat Desa Sirapan. Upaya pengangkatan tubuh korban dari sumur juga dibantu personel TNI Angkatan Darat.

Baca Juga: Di Kabupaten Madiun, Alokasi Dana Desa Bisa untuk Menangani Bencana  

3. Korban naik motor dari rumah ke sawah

Masuk ke Sumur, Seorang Petani di Madiun Tewas Petugas gabungan dari kepolisian, BPBD, TNI AD bersama warga mengevakuasi jasad korban yang tewas setelah masuk sumur di Kabupaten Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Sekretaris Desa Sirapan, Hariyanto mengatakan bahwa saat korban pergi dari rumah menuju sawah dengan mengendarai sepeda motor. Kendaraan itu kemudian dititipkan di rumah salah seorang warga. "Setiap hari seperti itu, dan untuk menuju ke lokasi sawahnya dengan jalan kaki," ujar dia. 

Pada Selasa pagi, Hariyanto mendapatkan informasi tentang ditemukannya jasad Sukimin di dalam sumur dari saksi. Setelah mengecek ke lokasi, maka ia menghubungi petugas Polsek Nglames.

Baca Juga: Mesin ATM di Madiun Digondol Kawanan Pencuri 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya