Listrik PLN Padam, Empat Kereta Terlambat Datang di Stasiun Madiun

Molornya antara 3 - 6,5 jam

Madiun, IDN Times - Pemadaman listrik PLN di wilayah tiga provinsi, yakni Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah berdampak pada keterlambatan perjalanan kereta. Sejumlah moda transportasi masal itu telat datang di Stasiun Madiun pada Senin (5/8) pagi.

Berdasarkan data dari PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun sebanyak empat kereta yang mengalami keterlambatan. Sarana transportasi publik itu berangkat dari Jakarta menuju Surabaya dan Malang. Tiba di Madiun Molor 3 - 6,5 jam dampak dari terganggunya jadwal perjalanan kereta listrik di Jabodetabek.

"Ini berdasarkan update hingga pukul 07.30," kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendri Wintoko.

1. Kereta relasi Jakarta - Surabaya dan Malang yang alami keterlambatan

Listrik PLN Padam, Empat Kereta Terlambat Datang di Stasiun MadiunDok.IDN Times/Istimewa

Untuk kedatangan kereta Bima relasi Gambir-Malang di Stasiun Madiun molor 254 menit dari jadwal. Kereta kelas eksekutif ini tiba pukul 03.01 WIB dan kembali berangkat pukul 03.04 WIB. Selain itu, kereta Bangunkarta mengalami keterlambatan 400 menit dari jadwal.

Kereta relasi Stasiun Gambir- Stasiun Gubeng, Surabaya ini tiba di Madiun pukul 06.36 WIB dan berangkat pukul 06.40 WIB. Untuk kereta Gajayana relasi Stasiun Gambir - Malang molor 214 menit. Sedangkan kereta Majapahit relasi Stasiun Pasar Senen - Malang molor 182 menit.

2. Bila calon penumpang batalkan perjalanan, uang dikembalikan penuh

Listrik PLN Padam, Empat Kereta Terlambat Datang di Stasiun MadiunDok. Pribadi

Terkait keterlambatan itu, Ixfan menuturkan, pihak PT KAI bersedia mengembalikan uang kepada calon penumpang yang membatalkan perjalanannya. Nominal pengembalian sebanyak 100 persen dari harga tiket yang telah dibeli oleh kustomer. 

"Jika kelambatan yang terjadi lebih dari tiga jam maka akan diberikan service recovery," kata dia. 

Baca Juga: Tingkat Kunjungan Wisata di Kabupaten Madiun Ditarget Sejuta Pelancong

3. Biar lambat asal selamat

Listrik PLN Padam, Empat Kereta Terlambat Datang di Stasiun MadiunDok.IDN Times/Istimewa

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan sejumlah kereta api. Keadaan itu terjadi bukanlah sesuatu yang disengaja." Kami juga mengutamakan keselamatan pelanggan, "tutur Ixfan. 

Selain karena listrik padam, pelayanan serupa juga diterapkan dalam gangguan yang lain. Misalnya, saat terjadi bencana banjir maupun longsor di jalur kereta api. Ini seperti yang dijala kan beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Momen Ketika Eks Dirut PLN Disidang, Eh Mati Lampu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya