Comscore Tracker

Libatkan Ribuan Peserta, Begini Keseruan Lomba Ikan Koi di Kota Madiun

Selain untuk penghobi even ini mampu menggeliatkan ekonomi

Madiun, IDN Times – Sekitar 1.200 penggemar ikan koi mengikuti lomba bertajuk ‘1 St Kota Karismatik Madiun Young Koi Show 2019’ di GOR Tenis Wilis, Kota Madiun, Sabtu (23/2). Peserta dari sejumlah daerah di Jawa dan luar Jawa itu menunjukkan hewan kesayangannya kepada juri untuk dinilai.

Penilaian yang dilakukan dibagi dalam lima kelas, yaitu A untuk jenis Kohaku, Showa, dan Sanke. Kelas B untuk jenis Shiro, Cosiki, Cinrin A, Kujaku, dan Kawarimono A. Kelas C untuk jenis Koi Tancho, Goromo, Doitsu, Ginrin B dan Hikarimoyo. Kelas D terdiri dari jenis Bekko, Hi/Ki Utsuri, Asagi, Shusui, Kumonryu, dan Hikari Utsuri. Kelas E untuk jenis Kawarimono B dan Hiari Mujimono.

Baca Juga: Terdampak Kandang Ayam Tak Berizin, Warga Madiun Mengadu ke Pemkab

1. Beberapa indikator menjadi dasar penilaian

Libatkan Ribuan Peserta, Begini Keseruan Lomba Ikan Koi di Kota MadiunIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Datta Iradian, salah seorang juri mengatakan ada beberapa indikator yang dijadikan acuan dalam menilai koi peserta lomba. Ia menyebut seperti kualitas badan, seperti ada atau tidaknya cacat pada tubuh ikan. Indikator lainnya adalah kualitas warna kulit, di antaranya tentang kecerahan warna. Juga, tentang kualitas kulit ikan.

“Yang mendapat nilai tinggi adalah koi yang kualitasnya bagus, mulai body quality, colour quality, dan skin quality,’’ kata Datta di sela lomba.

2. Antusiasme peserta dan warga tinggi

Libatkan Ribuan Peserta, Begini Keseruan Lomba Ikan Koi di Kota MadiunIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Ia menjelaskan, dari lima kelas yang dilombakan juga dibagi lagi dalam beberapa segmen ukuran ikan mulai 10 hingga 65 sentimeter. Dari semua kategori yang dilombakan, menurut Datta, banyak diikuti oleh penggemar koi. Karena itu, ia menilai even tersebut mendapat antusiasme dari penghobi ikan hias asal Jepang tersebut.

Padahal, ia menuturkan, gelaran tersebut baru pertama kali dihelat di Kota Madiun. “Bagus-bagus kualitas ikan yang dilombakan. Peserta juga banyak ada yang dari Jakarta, Bandung, dan luar Jawa,’’ ujar dia.

3. Berdampak pada sektor UMKM Kota Madiun

Libatkan Ribuan Peserta, Begini Keseruan Lomba Ikan Koi di Kota MadiunIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Even bertajuk ‘1 St Kota Karismatik Madiun Young Koi Show 2019’ mendapat apresiasi dari Sekda Kota Madiun, Rusdiyanto. Ia melihat langsung kegiatan yang dimotori oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun tersebut.

Menurut Rusdiyanto, acara itu tidak hanya menarik para penggemar ikan koi, akan tetapi, warga lain juga datang untuk melihat kegiatan tersebut. “Efeknya juga banyak, yang paling penting mampu menggeliatkan perekonomian di Kota Madiun sebagai daerah berkembang,’’ ujar dia.

4. Ikut menggeliatkan perekonomian Kota Madiun

Libatkan Ribuan Peserta, Begini Keseruan Lomba Ikan Koi di Kota MadiunIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Rusdiyanto kemudian mencontohkan tentang banyaknya penggemar ikan koi dari luar daerah. Secara otomatis mereka menginap di sejumlah hotel yang ada di Kota Madiun. Tidak itu saja, rumah makan juga didatangi tamu penghobi ikan koi dari luar daerah.

“Di situ (penggunaan hotel maupun makan di rumah makan) ada pajak yang bisa diambil dan pemanfaatannya kembali untuk warga Kota Madiun,’’ ia menuturkan.

5. Batik dan makanan khas juga tersedia

Libatkan Ribuan Peserta, Begini Keseruan Lomba Ikan Koi di Kota MadiunIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Selain itu, dalam acara tersebut sejumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga menggelar komoditas produksinya di sejumlah stan. Selain yang berkaitan dengan hobi pemeliharaan ikan, pelaku UMKM juga menyediakan batik maupun kuliner khas Kota Madiun, seperti nasi pecel.

“Belum lagi mendatangkan orang di sekitar sini (lokasi lomba ikan Koi) untuk berdagang,’’ kata Rusdiyanto.

Baca Juga: BKSDA Madiun Amankan Monyet yang Gigit dan Cakar Pemiliknya

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You