Comscore Tracker

Lesbumi NU Kota Madiun Bantu Menghias Pohon Natal

Sebagai bentuk toleransi antarumat beragama

Madiun, IDN Times - Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia Nahdlatul Ulama (Lesbumi NU) Kota Madiun mengunjungi Panti Asuhan Debora Madiun, Kamis (24/12/2020). Di tempat yang dikelola pihak gereja itu mereka membagikan bibit tanaman sebagai simbol perdamaian. Selain itu, makanan matang juga disumbangkan.  

Tidak hanya berbagi, para pemudi Lesbumi NU juga berbaur untuk makan bersama. Mereka juga bernyanyi dan berdoa saat menjelang perayaan Natal 2020. Kegiatan ini dinyatakan sebagai upaya memupuk toleransi antarumat beragama.

1.Berangkat dari kesadaran tentang keberagaman

Lesbumi NU Kota Madiun Bantu Menghias Pohon NatalPemuda Lesbumi NU Kota Madiun ikut bernyanyi dan berdoa di panti asuhan Debora, Kamis (24/12/2020). Dok. IDN Times/Istimewa

Sekretaris Lesbumi NU Kota Madiun, Adjar Putra Dewantoro mengatakan bahwa kedatangan mereka ke panti asuhan yang berada di Kelurahan Nglames, Kecamatan/Kabupaten Madiun itu juga ikut bahu membahu menghias pohon Natal. Ini demi terwujudnya kerukunan hidup beragama di wilayah Madiun.

“Bagaimanapun juga kita tetap saudara karena sama-sama menjadi warga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar dia di sela kunjungan ke panti asuhan.

2. Upaya memupuk kerukunan

Lesbumi NU Kota Madiun Bantu Menghias Pohon NatalPemuda Lesbumi NU Kota Madiun ikut bernyanyi dan berdoa di salah satu panti asuhan yang dikelola gereja, Kamis (24/12/2020). Dok. IDN Times/Istimewa

Menurut Adjar, kunjungan dan bantuan yang diberikan kepada puluhan anak yatim di panti asuhan memang tidak seberapa banyak. Meski demikian, ia berharap dapat lebih meningkatkan rasa hormat dan tenggang rasa terhadap orang yang berbeda keyakinan. 

Dengan begitu, mampu mengembangkan kerukunan antarsesama manusia yang memang beragam. Tidak hanya perbedaan agama, namun juga adat, ras, bahasa, suku, dan lain-lain. Kemajemukan di Indonesia, tutur dia, merupakan kekuatan untuk tetap bersatu dalam koridor Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Libur Nataru, Jumlah Wisatawan di Kabupaten Madiun Dibatasi

3. Pengelola panti asuhan berikan apresiasi

Lesbumi NU Kota Madiun Bantu Menghias Pohon NatalLesbumi NU Kota Madiun terlibat dalam menghias pohon natal di salah satu panti asuhan yang dikelola gereja, Kamis (24/12/2020). Dok. IDN Times/Istimewas

Kunjungan para pemuda Lesbumi NU Kota Madiun mendapatkan apresiasi dari pihak Panti Asuhan Debora. Nurindah Adlydirene Tambunan menyatakan bahwa kegiatan itu sangat positif. Terutama dalam mengembangkan rasa saling menghormati dan menghargai antarumat beragama.

“Semoga hal ini dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Ini memang penting untuk ditanamkan sejak dini,” ungkap Nurindah.

Baca Juga: 370 Narapidana di Jatim Dapat Remisi Natal

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya