Kantor PDIP Pacitan Jadi Sasaran Vandalisme

Lambang partai ditulisi "PKI'

Pacitan, IDN Times - Aksi vandalisme dengan sasaran sekretariat partai politik terjadi di Kabupaten Pacitan. Tulisan 'PKI' tercoret pada lambang PDIP yang terpasang di depan kantor partai politik tersebut.
Salah satu sisi dinding bangunan di Jalan WR Supratman, Pacitan itu juga menjadi sasaran . Tulisan 'PKI' dengan cat semprot juga tercoret di sana. Ulah orang yang belum diketahui itu pertama kali diketahui pada Sabtu (21/8/2021).
"Saya mendapatkan laporan dari teman - teman di sekretariat (tentang hal itu)," kata Ketua DPC PDIP Pacitan, Eko Setyoranu, Selasa (24/8/2021).

1. PDIP langsung membentuk tim investigasi

Kantor PDIP Pacitan Jadi Sasaran Vandalismepexels.com/Markus Winkler

Berdasarkan laporan itu, pengurus PDIP meluncur ke kantor DPC. Mereka berkoordinasi tentang sikap partai terhadap aksi vandalisme itu. Ada beberapa poin yang disepakati, seperti melapor ke polisi dan mengimbau kader partai tetap tenang.

Selain itu, internal PDIP Pacitan juga membentuk tim investigasi. "Perkembangan penyelidikan yang disampaikan polisi, kami sinkronkan dengan temuan tim investigasi," ujar Eko kepada wartawan.

2. Pelaku dinilai sudah merencanakan aksi

Kantor PDIP Pacitan Jadi Sasaran Vandalismeilustrasi menyembunyikan niat jahat (unsplash.com/maxwbender)

Setelah tim investigasi terbentuk, ada sejumlah temuan yang dinilai bisa menjadi petunjuk mengungkap aksi vandalisme itu. Corat-coret yang dinilai melecehkan PDIP itu disinyalir telah direncanakan oleh pelaku.

"Kemungkinan pelakunya sama dan radius satu kilometer (dari Kantor DPC PDIP) ada coretan yang 'mohon maaf' menuliskan 'Jokowi PKI', ujar Eko.

3. Coretan pada lambang partai belum ditutup

Kantor PDIP Pacitan Jadi Sasaran VandalismeLambang PDIP menjadi sasaran vandalisme di Pacitan. Dok.IDN Times/Istimewa.

Ia menuturkan, untuk tulisan di sebuah pintu penutup pom mini yang berjarak dengan radius satu kilometer dari Kantor DPC PDIP Pacitan telah ditutup oleh polisi. Sedangkan, yang berada di lingkungan sekretariat partai itu masih terlihat jelas.
"Untuk bahan penyelidikan kami dan apabila pimpiman (partai) kami datang dapat melihat langsung. Jadi, bukan hanya dari foto," Eko menjelaskan.

4. Polisi didesak segera menyelesaikan kasus vandalisme

Kantor PDIP Pacitan Jadi Sasaran VandalismeIlustrasi Investigasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait dengan upaya penanganan kasus oleh polisi, Eko mendesak agar dapat diselesaikan dalam waktu dekat. Pelaku dapat segera ditangkap dan diganjar dengan hukuman maksimal.
"Jangan hanya ucapan permohonan aaf terus selesai. Dihukum berat tentunya sesuai hukum yang berlaku agar memberikan efek jera,* ujar dia sembari menyatakan bahwa pihaknya menyerahkan penanganan hukum kepada polisi secara penuh.

 

Baca Juga: Pelaku Vandalisme Baliho Puan Maharani Ditangkap di Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya