Kades Terlibat Sabu, Satu Desa di Madiun Talangi Anggaran Pilkades 

Hingga kini SK pemberhentiannya belum turun

Madiun, IDN Times - Pemilihan Kepala Desa (pilkades) di Kabupaten Madiun bakal berlangsung secara serentak pada pertengahan Oktober mendatang. Satu dari 57 desa yang menyelenggarakan pilkades terpaksa menggunakan dana talangan untuk tahapan pra pelaksanaan. Mulai pendaftaran, seleksi administrasi, penetapan calon hingga penetapan daftar pemilih.

Desa tersebut adalah Pucangrejo, Kecamatan Sawahan. Hingga kini, anggaran pelaksanaan pilkades setempat belum cair. Hal ini akibat belum diterimanya Surat Keputusan Pemberhentian Kades Pucangrejo Budi Prasetya yang terjerat kasus narkotika.

1.Anggaran pilkades dipatok Rp55 juta

Kades Terlibat Sabu, Satu Desa di Madiun Talangi Anggaran Pilkades Dok.IDN Times/Istimewa

Sekretaris Desa Pucangrejo Sahroni mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan anggaran pelaksanaan pilkades ke Pemkab Madiun sejak dua bulan lalu. Adapun nominalnya sebanyak Rp55 juta, sesuai dengan kriteria penerima dana, seperti jumlah penduduk dan luas wilayah.


Karena anggaran dari pemkab tak kunjung cair, menurut Sahroni, pemerintah desa setempat berinisiatif mengambil dana desa. Uang yang dipakai sebanyak Rp10,9 juta. "Sesuai Perbup, dana itu sebenarnya untuk keperluan saat Hari H. Kegunaannya untuk menyewa tenda, makan minum, dan sewa kendaraan bagi pemilih berkebutuhan khusus," kata dia, Senin (30/9).

2.Gaji perangkat dan staf pemerintahan desa belum cair selama tiga bulan

Kades Terlibat Sabu, Satu Desa di Madiun Talangi Anggaran Pilkades Dok. IDN Times/Istimewa

Namun, uang itu digunakan dulu untuk sejumlah tahapan menjelang pilkades. Sebagian besar, dana talangan yang diambil dari anggaran desa untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum saat rapat. Bahkan, sebagian di antaranya harus utang.

Kasus yang membelit Kades Pucangrejo itu juga menyebabkan para pamong dan staf pemerintahan belum menerima gaji selama tiga bulan. Oleh sebab itu, Sahroni berharap agar SK pemberhentian kades yang tersandung kasus narkotika itu segera turun. Dengan demikian, anggaran keuangan bisa seperti desa lain, terutama yang sama-sama bakal menggelar pilkades.

Baca Juga: Madiun Punya Kampus Baru, Unmuh Segera Didirikan

3.Kades ditangkap awal Agustus lalu

Kades Terlibat Sabu, Satu Desa di Madiun Talangi Anggaran Pilkades Dok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, Kades Pucangrejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Budi Prasetya ditangkap pada awal Agustus lalu. Awalnya Satnarkoba Polres Madiun Kota mengendus terjadinya transaksi sabu di wilayah Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Dari sana, polisi membekuk Budi. Proses penyelidikan pun dilanjutkan hingga menggeledah rumah Budi. Dari hasil penggeledahan, polisi menemukan sabu seberat 0,50 gram.

Baca Juga: Hama Tikus Serang Padi di Lahan Seluas 9 Hektare di Balerejo Madiun 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya