Kabur 16 Hari dari Lapas, Narapidana ini Menyerahkan Diri 

Bersembunyi di sekitar rumahnya di Magetan

Madiun,IDN Times - Masa pelarian Peprianto dari balik jeruji besi berakhir sudah. Narapidana kasus pencurian yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Madiun ini akhirnya menyerahkan diri, Kamis (12/8/2021).

Selama 16 hari, terhitung sejak 27 Juli hingga kini, pria itu diketahui bersembunyi di sekitar tempat tinggalnya yang masuk Desa Tanjung, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan. "Dia merasa bingung mau lari ke mana," kata Kasi Registrasi Lapas Kelas I Madiun Widha Indra Kusuma Wijaya.

1. Narapidana ini dinyatakan bingung

Kabur 16 Hari dari Lapas, Narapidana ini Menyerahkan Diri Ilustrasi narapidana (IDN Times/Arief Rahmat)

Kebingungan yang dialami lantaran masuk daftar pencarian orang. Kediamannya sesuai yang tertera dalam kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) juga tak lepas dari pantauan petugas keamanan. Apabila Peprianto berdomisili lagi ke rumah, maka akan merepotkan keluarga.

Menurut Widha, kondisi seperti itu membuat Peprianto merasa bersalah. Apalagi, pihak keluarga juga memberikan nasihat untuk menebus kesalahannya dengan tetap menjalani sisa masa hukuman sekitar dua tahun.

2. Kabur dengan dalih kangen anak

Kabur 16 Hari dari Lapas, Narapidana ini Menyerahkan Diri Ilustrasi narapidana (IDN Times/Sukma Shakti)

Widha lantas menyatakan alasan Peprianto kabur dari penjara. Kepada petugas, pria itu mengaku rindu dengan anaknya yang dibawa mantan istrinya. Namun, keinginannya untuk bertemu sang buah hati tidak terwujud. Pelarian yang dilakukan dianggapnya percuma.

"Ada permasalahan pribadi antara dia dengan mantan istrinya," ujar Widha kepada sejumlah wartawan.

3. Pengamanan diperketat

Kabur 16 Hari dari Lapas, Narapidana ini Menyerahkan Diri (Ilustrasi narapidana) IDN Times/Sukma Shakti

Kepala Lapas Kelas I Madiun, Asep Sutandar mengatakan bahwa saat ini Peprianto dipindahkan ke Lapas Pemuda Kelas II-A Madiun. Langkah ini sebagai upaya pengamanan dan menjaga kondusifitas Lapas Kelas I Madiun.

"Dari kejadian ini, kami pasti lebih waspada. Yang jelas dari sisi pengamanan, pengawasan dan kewaspadaan lebih kami tingkatkan," ujar Asep.

Baca Juga: Napi Kabur, Lapas Kelas I Madiun Perketat Pengamanan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya