Jurnalis akan Divaksinasi COVID-19, Bupati Madiun: Mobilitas Tinggi  

Lini terdepan dalam mengabarkan perkembangan wabah

Madiun, IDN Times - Jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Madiun menjadi salah satu kalangan yang diprioritaskan menerima jatah vaksin COVID-19 dari pemerintah. Insan pers dianggap rentan tertular virus corona lantaran tetap bekerja dan berada di lini terdepan untuk mengabarkan perkembangan situasi.

"Karena wartawan sering bersentuhan dengan kami dan masyarakat luas. Mobilitasnya tinggi," kata Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, Kamis (11/2/2021).

1. Sering abai protokol kesehatan saat peliputan

Jurnalis akan Divaksinasi COVID-19, Bupati Madiun: Mobilitas Tinggi  Ilustrasi Jurnalis (IDN TImes/Arief Rahmat)

Dalam menjalankan tugas, jurnalis memang sering berhadapan dengan pejabat maupun masyarakat umum. Pihak yang ditemui juga berganti-ganti dalam setiap waktunya.

Beban tugas dan mobilitas yang tinggi terkadang menyebabkan kalangan jurnalis mengabaikan protokol kesehatan. Salah satu contohnya saat momentum pengambilan foto maupun video kurang. Dia menilai wartawan kurang memerhatikan aspek jaga jarak atau physical distancing, baik dengan narasumber atau rekan seprofesi yang sama-sama meliput.

2. Dinkes akan data wartawan untuk menerima vaksin

Jurnalis akan Divaksinasi COVID-19, Bupati Madiun: Mobilitas Tinggi  Ilustrasi Jurnalis (IDN TImes/Arief Rahmat)

Dengan risiko seperti itu, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi jurnalis dijadwalkan pada gelombang kedua. Ini bebarengan dengan kalangan yang sering bersinggungan dengan masyarakat, seperti polisi, tentara, dan aparatur sipil negara. Terutama bagi petugas yang tergabung dalam Satgas COVID-19 maupun pelayanan publik.

Adapun jadwal pelaksanannya diperkirakan pada akhir Februari hingga awal Maret mendatang. Namun sebelumnya, pendataan akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan. "Saya sudah perintahkan kepada kepala dinas kesehatan untuk vaksinasi bagi wartawan," ujar Kaji Mbing-panggilan akrab Ahmad Dawami Ragil Saputro.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Nakes Jatim Tuntas Bulan Ini, Selanjutnya Jurnalis

3. Secara administrasi diperlakukan sama dengan jajaran Forkopimda dari luar daerah

Jurnalis akan Divaksinasi COVID-19, Bupati Madiun: Mobilitas Tinggi  Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Madiun, Mashudi menyatakan bahwa jurnalis yang bakal menerima jatah vaksin tercatat berdomisili atau menjalankan tugas di daerah setempat.

"Perlakuannya sama dengan jajaran Forkopimda (yang berasal dari luar daerah). Tapi, tidak boleh ikut vaksin di daerah asalnya," kata dia.

Baca Juga: Jurnalis di Kota Madiun akan Dapat Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya