Comscore Tracker

Jokowi Minta Mentan Atur Industrialisasi Porang

Mentan kunjungi pabrik dan memanen porang

Madiun, IDN Times - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengaku diminta oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk mendorong industrialisasi porang. Hal itu ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Madiun, Kamis (17/6/2021). Kedatangannya bersama rombongan untuk melihat proses pengolahan sekaligus memanen tanaman porang. 

"Pak Presiden memerintahkan kepada saya untuk mengembangkan porang dari hulu hingga hilir," ujar Syahrul. 

1. Budidaya porang diklaim bisa meningkatkan perekonomian warga

Jokowi Minta Mentan Atur Industrialisasi PorangUmbi porang yang dipanen petani di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Pengembangan industri porang dari hulu hingga hilir yang dimaksud Syahrul misalnya  mengubah tepung porang menjadi komoditas lain seperti mi maupun bahan makan. "Maka pemerintah sudah memasukkan porang sebagai komoditas pertanian," kata Syahrul kepada sejumlah wartawan. Ia bahkan mengklaim budidaya tanaman bernama latin Amorphhophallus muelleri ini bisa memperbaiki perekenomian masyarakat.

2. Porang semakin banyak dibudidayakan di berbagai daerah

Jokowi Minta Mentan Atur Industrialisasi PorangSimbolisasi panen porang oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Desa Klangon, Saradan, Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut dia, komoditas porang saat ini kian banyak dibudidayakan warga di berbagai daerah. Kondisi ini membuka peluang usaha, terlebih pabrik pengolahan porang sudah berdiri. Salah satunya seperti perusahaan yang dikunjungi rombongan Mentan, yaitu PT Asia Prima Konjac di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo. Perusahaan itu bergerak dalam pengolahan porang menjadi chip dan tepung. 

Syharul juga memanen porang secara simbolis bersama Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy di Desa Klangon, Kecamatan Saradan. Tidak ketinggalan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: Produksi Porang di Madiun Tembus 42 Ribu Ton, Nilainya Ratusan Miliar

3. Pembudidaya porang bahkan tak cuma berasal dari kalangan petani

Jokowi Minta Mentan Atur Industrialisasi PorangHasil panen porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, tanaman porang tengah menjadi primadona bagi sejumlah kalangan. Sebab, hasil jualnya menggiurkan hingga ada yang menjadi miliarder. Maka, di Kabupaten Madiun, pengembangan tanaman ini kian meningkat setiap tahunnya.

Bahkan, pembudidayanya tidak hanya kalangan petani. Sejumlah akademisi, politisi, birokrat sudah banyak yang menjalankan usaha di bidang pertanian khusus tanaman porang. 

Baca Juga: Tanam Porang Untung Banyak, Modal Rupiah Hasil Tergantung Dolar

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya