Jelang New Normal, Lokasi Wisata Madiun Bersiap Dibuka Kembali 

Diawali dengan uji coba di beberapa tempat

Madiun, IDN Times - Pemkab Madiun berencana membuka kembali sejumlah lokasi wisata saat menjelang new normal saat pandemik COVID-19 masih berlangsung. Standar operasional prosedur (SOP) pengelolaannya telah disusun.

“Kami sudah sampaikan kepada pihak yang mengelola masing-masing lokasi wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun Anang Sulistijono, Jumat (26/6).

1. Protokol kesehatan wajib diterapkan

Jelang New Normal, Lokasi Wisata Madiun Bersiap Dibuka Kembali Ilustrasi cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. IDN Times/Wira Sanjiwani

SOP pengelolaan destinasi wisata tak lepas dari protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. Pihak pengelola wajib menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Selain itu, melakukan pengecekan suhu badan setiap pengunjung, membatasi jumlah pengunjung untuk menghindari kerumunan, pemakaian masker, dan sebagainya.

Untuk realisasi rencana itu pengelola beberapa lokasi wisata akan menjalankan uji coba yang dijadwalkan selama sepekan, yakni Minggu (28/6) hingga Sabtu (4/7). “Hasil simulasi akan menjadi acuan untuk disampaikan kepada pak bupati dan kapolres,” ujar Anang.

2. Lokasi andalan menjadi prioritas

Jelang New Normal, Lokasi Wisata Madiun Bersiap Dibuka Kembali IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Uji coba dibukanya lokasi wisata bagi pengunjung dijalankan di beberapa titik, seperti pemandian Madiun Umbul Square di Kecamatan Dolopo. Tempat yang juga menjadi konservasi satwa liar ini  dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Madiun.

Lokasi lainnya di Monumen Kresek, Kecamatan Wungu yang merupakan saksi bisu peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia tahun 1948. Tempat ini dikelola Disparpora Kabupaten Madiun. Selain itu, Waduk Bening Widas di Kecamatan Saradan yang dikelola Disparpora, Perum Jasa Tirta, dan Perum Perhutani.

Baca Juga: Mengetes Sambil Bernyanyi, Pria di Madiun Tewas Kesetrum Mikrofon 

3. Lokasi wisata yang dikelola desa akan mengikuti

Jelang New Normal, Lokasi Wisata Madiun Bersiap Dibuka Kembali Destinasi wisata Watu Rumpuk di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Hasil uji coba ini akan dijadikan dasar untuk membuka lokasi wisata yang lain termasuk yang dikelola oleh pemerintah desa maupun Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Adapun titiknya seperti Watu Rumpuk di Kecamata Dagangan, Hutan Pinus Nongko Ijo di Kecamatan Kare, dan Gligi Forest Park di Kecamatan Wungu.

“Untuk sementara, masih akan kami simulasikan (pengelolaan lokasi wisata sesuai protokol kesehatan) di beberapa lokasi saja,” ujar mantan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Madiun ini.

Baca Juga: Walkot Madiun "Pamer" Upaya Tangani COVID-19 di Depan Jokowi

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya