Comscore Tracker

Jalur Amblas Ponorogo-Pacitan, Truk Diminta Berputar Arah

Untuk truk bermuatan berat disarankan lewat jalur alternatif

Ponorogo, IDN Times - Arus lalu lintas di jalur Ponorogo - Pacitan yang masuk wilayah Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo terganggu, Kamis (20/2). Gara-garanya, badan jalan di kilometer 226 amblas. Lubang dengan panjang 6 meter, lebar 3 meter dan kedalaman 10 meter menganga di jalur provinsi itu. Meski masih bisa dilalui kendaraan roda empat, namun truk diminta berputar melalui Trenggalek atau Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Untuk menghindari resiko terputusnya akses lalu lintas, polisi menerapkan sistem buka-tutup bagi kendaraan yang melintas. "Pengaturannya secara bergantian (baik dari arah Ponorogo maupun Pacitan)," kata Kapolsek Slahung AKP Paidi saat dihubungi IDN Times.

1. Sebelum jalan amblas, hujan turun cukup lama

Jalur Amblas Ponorogo-Pacitan, Truk Diminta Berputar ArahLubang menganga di jalur Ponorogo - Pacitan akibat tergerus air hujan. Dok. IDN Times/Istimewa

Menurut dia, amblasnya titik jalan itu terjadi pada Kamis dini hari. Ini akibat hujan turun dengan durasi cukup lama sejak Rabu malam. Karena kondisi tanah labil, maka kilometer 226 jalur Provinsi itu amblas.

Pada titik yang berlubang sengaja dipasang garis polisi agar para pengguna jalan tidak melintasi bagian jalan yang rusak. "Kami berharap agar kendaraan dengan muatan berat mencari jalan alternatif lain karena (titik yang amblas) sangat berbahaya untuk dilalui," ujar Paidi.

2. Sopir truk diminta lewat Trenggalek atau Wonogiri

Jalur Amblas Ponorogo-Pacitan, Truk Diminta Berputar ArahPersonel TNI dan Polri sedang mengatur arus lalu lintas di titik jalan yang amblas di jalur Ponorogo - Pacitan. Dok.IDN Times/Istimewa

Bagi sopir dengan muatan berat, seperti truk trailer dari Ponorogo maupun Pacitan dapat mengambil jalur alternatif melalui Panggul, Trenggalek atau Wonogiri, Jawa Tengah. Namun, jarak tempuhnya lebih jauh dengan selisih waktu perjalanan sekitar 60 menit hingga 90 menit.

Saran pengambilan jalur alternatif dipasang di beberapa titik jalan raya Ponorogo - Pacitan. Dengan demikian, para pengguna jalan dapat mempersiapkan diri sebelum tiba di lokasi jalan amblas.

Baca Juga: Jalan Ambles Daan Mogot Makan Korban, Penumpang Ojol Tewas Terlindas  

3. Kondisi tanahnya labil

Jalur Amblas Ponorogo-Pacitan, Truk Diminta Berputar ArahPetugas kepolisian memasang garis polisi di titik jalan Ponorogo - Pacitan yang amblas. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, amblasnya jalan penghubung Ponorogo - Pacitan berungkali amblas. Saat musim hujan, tebing di samping ruas jalan juga rawan longsor. Jalur antar kabupaten itu seringkali tertutup material longsor baik di wilayah Ponorogo maupun Pacitan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ponorogo, Setyo Budiono mengatakan potensi longsor itu akibat kondisi tanah yang labil. "Ditambah curah hujan yang tinggi sehingga tanah mudah longsor," kata dia.

Baca Juga: Emil Temukan Jalan Ambles di Jalur Ponorogo-Pacitan  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya