Diduga Korsleting, Satu Unit Mobil Terbakar di Samping SPBU  

Korban hanya alami luka ringan

Madiun, IDN Times - Mobil Toyota Kijang ludes terbakar di samping SPBU wilayah Desa/Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Sabtu siang (19/10). Sopir kendaraan bernopol AE 1736 EE itu hanya mengalami luka ringan di bagian jari kaki. Namun, kerugian material ditaksir mencapai Rp35 juta.

Berdasarkan informasi dari kepolisian, sumber api berasal dari kabin mesin yang diduga mengalami korsleting. Sebelum api membesar, sopir yang bernama Suwarno (35), warga Desa/Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro berhasil menyelamatkan diri.

1. Sopir menyatakan api berasal dari kabin mesin

Diduga Korsleting, Satu Unit Mobil Terbakar di Samping SPBU  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Suwarno mengatakan, sesaat sebelum kejadian ia menghentikan mobil berwarna putih yang dikemudikan di jalan masuk Perumahan Permata Residence selama beberapa saat. Mesin pun dimatikan. Tak berselang lama, ia kembali menghidupkan mesin mobil untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU yang berada di sampingnya.

"Tiba-tiba api muncul dari depan (kabin mesin) dan saya langsung kabur," kata Suwanto ditemui di sekitar tempat kejadian perkara.

2. Mobil pemadam kebakaran tiba setalah mobil ludes terbakar

Diduga Korsleting, Satu Unit Mobil Terbakar di Samping SPBU  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sesaat kemudian, api membesar dan menghanguskan mobil. Sejumlah warga yang melihat kejadian itu tidak berani mendekat lantaran takut mobil meledak. Setelah kondisi dinilai aman, upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) milik SPBU.

Satu unit mobil pemadam kebakaran tiba saat api sudah mengecil dan kondisi mobil sudah ludes terbakar. Sejumlah warga menyatakan, mobil Toyota Kijang yang terbakar sering berada di lokasi tersebut untuk mengambil dan mengangkut jeriken dari pom bensin. Wadah itu diduga berisi BBM.

3. Warga sering lihat mobil yang terbakar sering angkut BBM dari samping SPBU

Diduga Korsleting, Satu Unit Mobil Terbakar di Samping SPBU  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Belum diketahui secara pasti mekanisme jual-beli yang berlangsung di samping SPBU itu. Namun, informasi yang berkembang di masyarakat mobil itu mengambil BBM untuk dijual lagi secara eceran.

"Mobil itu sering di situ (lokasi kebakaran) lalu menjual bensin (BBM) keliling," ujar salah seorang warga yang tidak bersedia namanya ditulis dalam berita.

Ditanya tentang sumber api sebelum kebakaran terjadi, ia menyatakan, berasal dari belakang mobil. Saat itu, ia yang sedang berdiri di simpang jalan dengan jarak sekitar 50 meter dari lokasi kejadian melihat korban berlari untuk menyelamatkan diri.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya