Diduga Bingung, Pasien Ini Kabur dari RS dan Tewas di Sungai 

Korban merupakan anggota polisi Ponorogo

Ponorogo, IDN Times - Seorang pasien RSUD dr Harjono, Kabupaten Ponorogo ditemukan meninggal di aliran sungai yang melintasi Kelurahan Paju, Ponorogo, Senin (20/5) pagi. Korban diketahui bernama Edi Susanto (51), anggota Polsek Sumoroto yang bertempat tinggal di Desa Kedung Banteng, Kecamatan Sukorejo.

Humas RSUD dr Harjono, Suprapto, mengatakan bahwa Edi merupakan pasien yang tengah menjalani perawatan di ruang Seruni. Berdasarkan data, pria ini mulai masuk rumah sakit pada Rabu (15/5) pekan lalu karena menderita infeksi. "Belum dipastikan infeksi pada bagian apanya," ujar Suprapto.

1. Dinilai alami gangguan mental karena melihat pasien lain meninggal

Diduga Bingung, Pasien Ini Kabur dari RS dan Tewas di Sungai Dok. IDN Times / Istimewa

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, karena pihak medis belum mengetahui penyakit yang diderita, maka Edi kondisi psikis Edi terganggu. Apalagi, ia sudah merasakan sakit pada tubuhnya sejak setahun terakhir.

Beban psikisnya kian bertambah lantaran mengetahui pasien yang meninggal saat menjalani perawatan di ruang Seruni. "Kalau depresi belum bisa dipastikan (secara medis), tapi ada informasi yang menyampaikan kalau pasien ini mengalami kebingungan beberapa waktu terakhir

2.Kabur dengan mengelabui petugas rumah sakit

Diduga Bingung, Pasien Ini Kabur dari RS dan Tewas di Sungai Dok. IDN Times / Istimewa

Karena bingung dimungkinkan membuat Edi nekat kabur dari rumah sakit, Senin dini hari. Saat itu, pihak keluarga tengah makan sahur di masjid rumah sakit. Usai menyantap makanan, pihak keluarga yakni sang istri kembali ke kamar suaminya. Namun, Edi diketahui sudah tidak lagi berbaring di tempat tidur.

Menghilangnya Edi akhirnya diketahui pihak rumah sakit. Pencarian dilakukan di sejumlah lokasi di dalam tempat pelayanan kesehatan yang berada di tepi jalur Ponorogo - Pacitan itu. "Kemungkinan, pasien pintar mengelabui petugas keamanan dengan menyembunyikan infus (yang masih melekat pada tubuhnya)," ujar Suprapto.

3 .Pencari kodok temukan tubuh korban di bawah jembatan

Diduga Bingung, Pasien Ini Kabur dari RS dan Tewas di Sungai Dok.IDN Times / Istimewa

Beberapa menit kemudian atau sekitar pukul 03.45, Halim (46), seorang pencari kodok mengetahui sesosok tubuh yang mengambang di sungai wilayah Kelurahan Paju. Ia pun panik dan menyampaikan temuannya kepada warga lain.

Informasi tentang adanya tubuh mengambang akhirnya didengar petugas rumah sakit yang tengah melakukan pencarian terhadap Edi. Pengecekan ke lokasi dilakukan dan ternyata tubuh di sungai merupakan pasien yang sebelumnya kabur dari rumah sakit. Kondisinya sudah tidak bernyawa.

4. Polsek Ponorogo enggan membeber penanganan yang dilakukan

Diduga Bingung, Pasien Ini Kabur dari RS dan Tewas di Sungai Dok. IDN Times / Istimewa

Kapolsek Ponorogo Iptu Suroso, memprediksi kenekatan korban kabur dari rumah sakit karena kondisi kejiwaannya terganggu. "Dia mengetahui ada pasien lain di sampingnya (dalam satu ruangan meninggal) dan mungkin ini membuatnya ketakutan," ujar dia. 

Suroso enggan menjelaskan lebih jauh tentang penanganan kematian Edi. Ia mengaku tidak enak lantaran yang menjadi korban adalah sesama anggota polisi. Apalagi, penyebabnya diindikasikan akibat faktor psikologis dari korban. 

Baca Juga: Idap Gangguan Jiwa, Perempuan Ini Melahirkan di Tengah Sawah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya