Comscore Tracker

Cuti Bersama Maulid Nabi, KAI Daop Madiun Tambah 4 Perjalanan Kereta 

Berlaku hingga awal November

Madiun, IDN Times - PT KAI Daop 7 Madiun menambah perjalanan kereta saat cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pekan depan. Pada long weekend sejak Kamis hingga Minggu (28/10 - 1/11/2020) itu dijadwalkan 26 perjalanan kereta jarak jauh dan menengah yang melintas atau berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun.

Pada hari biasa atau di luar libur panjang, jadwal perjalanan kereta hanya ada 22. Penambahan ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat kenormalan baru di tengah pandemik COVID-19 diterapkan. "Waktu pembelian tiket diperpanjang dari biasanya tujuh hari menjadi 14 hari," kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, Rabu (21/10/2020).

1. Pelayanan pembelian tiket mulai hari ini

Cuti Bersama Maulid Nabi, KAI Daop Madiun Tambah 4 Perjalanan Kereta Dok IDN Times/Istimewa

Tiket kereta, ia melanjutkan dapat dipesan sejak hari ini untuk keberangkatan hingga Minggu (1/1/2020). Ini untuk sejumlah kereta reguler yang setiap hari beroperasi, di antaranya Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng, Turangga relasi Bandung - Surabaya Gubeng, Sri Tanjung relasi Ketapang - Lempuyangan, dan Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar.

Selain itu, kereta yang beroperasi pada hari-hari tertentu yang telah dijadwalkan. Kereta itu seperti Brantas relasi Pasar Senen - Blitar, Gajayana relasi Gambir - Malang, Malabar relasi Bandung - Malang, dan Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung.

“KA Argo Wilis beroperasi setiap hari mulai besok. Sedangkan KA Wijayakusuma beroperasi setiap hari mulai Tanggal 24 Oktober, kecuali Senin (26/10),” Ixfan menjelaskan.

2. Tiket yang disediakan sudah 25 persen terjual

Cuti Bersama Maulid Nabi, KAI Daop Madiun Tambah 4 Perjalanan Kereta Dok. Pribadi

Dari keseluruhan jadwal perjalanan selama masa cuti bersama, pihak PT KAI Daop 7 menyediakan 43.606 tempat duduk. Adapun rinciannya, 12.894 seat untuk kelas eksekutif dan kelas ekonomi sebanyak 30.712 seat. Hingga hari ini pada pukul 08. 20, sebanyak 25 persen di antaranya atau sekitar 10.900 telah dipesan oleh calon penumpang.

"Untuk kelas eksekutif plus luxury masih tersedia 25 persen dan kelas ekonomi 50 persen dari total seat yang tersedia, " ujar Ixfan.

Baca Juga: Meski Jokowi-Anies Khawatir, Libur Panjang Oktober 2020 Tak Berubah

3 . Calon penumpang dapat rapid test di stasiun

Cuti Bersama Maulid Nabi, KAI Daop Madiun Tambah 4 Perjalanan Kereta Nana Suryana/IDN Times

Di sisi lain, frekuensi lalu lintas kereta api yang beroperasi kian meningkat seiring dengan diterapkannya kenormalan baru. Namun demikian, PT KAI tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Salah satunya, calon penumpang harus menunjukkan surat hasil rapid test, swab test, atau surat keterangan sehat dari Puskesmas maupun rumah sakit.

"Bagi pelanggan yang belum melakukan tes rapid sampai hari H keberangkatan dalam melakukannya di stasiun dengan harga Rp 85 ribu sekali periksa," kata Ixfan sembari menyatakan pelayanan tes rapid dibuka di Stasiun Madiun, Jombang Blitar, dan Kertosono.

Baca Juga: Jokowi Khawatir Lonjakan Kasus COVID-19 Terulang saat Libur Panjang

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya