Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo  Pecah Kongsi Pada Pilkada 2020? 

Belum ada pembicaraan antarkeduanya

Ponorogo, IDN Times - Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno diisukan bakal pecah kongsi pada pilkada serentak 2020. Masing - masing di antaranya akan mengajukan diri sebagai orang nomor 1 dalam pemerintahan kabupaten yang dikenal dengan kesenian Reog ini.  

Soedjarno dikabarkan bakal maju sebagai bakal calon bupati dari jalur perorangan. Rencana itu berawal dari dorongan sejumlah komunitas yang ada di Ponorogo. Namun, saat dikonfirmasi dia tidak bersedia menjawab secara detail tentang isu itu.
"Semua atas kehendak Allah," kata Soedjarno saat ditemui usai rapat paripurna DPRD Ponorogo dengan acara persetujuan antara bupati dan DPRD atas raperda tentang APBD 2020, Senin (4/11).

1. Ipong masa bodoh dengan isu itu

Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo  Pecah Kongsi Pada Pilkada 2020? Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara, Ipong menyatakan belum mengetahui kebenaran tentang informasi rencana pencalonan Soedjarno sebagai bakal calon bupati pada pilkada tahun depan. Hingga kini, kolega yang mendampingi dalam memimpin Ponorogo sejak 2015 itu belum pernah menyampaikannya secara langsung.
"Saya tidak tahu itu betul atau tidak. Jangan-jangan hoaks karena sekarang zamannya itu," ujar dia ditemui di tempat yang sama.

2. Dinilai sebagai bagian dari dinamika politik

Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo  Pecah Kongsi Pada Pilkada 2020? Kantor Bupati Ponorogo tampak dari depan. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Namun, Ipong menyatakan segala kemungkinan dapat terjadi dalam kehidupan terutama politik. Jika isu yang menyatakan Soedjarno bakal macung sebagai bakal calon bupati benar, maka dinilai sebagai dinamika.
"Belum menyampaikan kepada saya. Jangan-jangan Pak Djarno ada arah ke sana tapi ingat janjinya saat melamar saya (menjelang Pilkada 2015) sehingga masih menata diri untuk ngomong kepada saya," ungkap Ipong.

3. Tiga parpol menawarkan diri sebagai bacawabup Ipong

Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo  Pecah Kongsi Pada Pilkada 2020? Kompleks Sekretariat Pemkab Ponorogo. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Saat itu, ia menuturkan, Soedjarno sanggup untuk tetap menjadi wakil bupati jika kembali berlaga dalam pilkada. " Tidak menepati janji sudah biasa dalam politik. Lidah tidak bertulang," ujar dia.
Kendati demikian, Ipong menuturkan, Soedjarno merupakan salah satu tokoh yang dipertimbangkan untuk menjadi wakilnya pada Pilkada tahun depan. Selain itu, sejumlah nama lain juga masuk dalam 'radar, seperti Agus Pramono (Sekda Ponorogo).
"PKB, PDIP, dan Demokrat sudah menyampaikan kepada saya untuk memasangkan kader mereka sebagai (bakal calon) wakil," kata dia sembari menargetkan pemilihan bakal calon wakil bupati pada Maret 2020.

Baca Juga: Muncul Api Dari Tanah di Ponorogo, BPBD Ungkap Sebabnya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya