Boleh Mudik, Jemaah Salat Id di Masjid Desa Membeludak

Memberi kesan tersendiri bagi warga

Madiun, IDN Times - Momentum Lebaran kali ini memiliki kesan tersendiri bagi umat Muslim. Sebab, pemerintah mengizinkan tradisi mudik yang terhenti selama dua tahun terakhir akibat pandemik COVID-19. Selain bisa pulang kampung, pemudik bisa melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijriyah atau 2022 di masjid tanpa batasan jamaah.

Di Masjid Al - Huda, Desa Klecorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, misalnya, jumlah jamaahnya melebihi kapasitas. Hingga akhirnya harus memasang tikar maupun terpal sebagai alas di pelataran dan separuh jalan raya Caruban - Kare.

1. Salat Id Lebaran tahun lalu digelar terbatas

Boleh Mudik, Jemaah Salat Id di Masjid Desa MembeludakJamaah salat Id di pelataran Masjid Al-Huda, Desa Klecorejo, Mejayan, Madiun

Eko Prasetyo, salah seorang warga mengatakan bahwa kondisi itu berbeda dengan setahun lalu. Pada Lebaran tahun 2021, salat Idul Fitri berlangsung secara terbatas. "Saya salat Id di Musala milik tetangga. Di masjid tidak ada salat Id," ujar dia ketika berbincang sebelum salat Id di Masjid Al - Huda berlangsung.

Ia menyatakan dengan kembali digelarnya salat Id di masjid memiliki arti tersendiri. Suasana 'sakral' Lebaran yang sejak dulu berlangsung dapat dirasakan lagi. "Alhamdulillah, suasana Lebaran bisa seperti dulu," ujar dia.

Baca Juga: Mudik Diizinkan, Salat Id di Surabaya Tak Seramai Dua Tahun Terakhir

2. Warga berseliweran untuk bersilaturahmi

Boleh Mudik, Jemaah Salat Id di Masjid Desa MembeludakIlustrasi Idul Fitri (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain digelarnya Salat Id di masjid, tradisi silaturahmi atau biasa disebut 'sejarah' berlangsung secara terbuka. Warga di desa setempat saling berkunjung ke rumah kerabat dan para tetangga. Mereka yang lebih muda datang ke rumah warga yang lebih dulu untuk saling bermaaf-maafan.

Kondisi ini berbeda dengan Lebaran setahun lalu. Kala itu, jalan kampung terlihat lengang karena hanya segelintir orang yang anjangsana.

Baca Juga: Salat Idul Fitri di Masjid Agung Lamongan Penuh, Jemaah Meluber

3. Sebagian tetap menerapkan protokol kesehatan

Boleh Mudik, Jemaah Salat Id di Masjid Desa Membeludakpinterest

Namun demikian, pada Lebaran kali ini sebagian warga tetap menerapkan protokol kesehatan. Masker masih dipakai. Bahkan, usai bersalaman langsung menyemprotkan hand sanitizer ke telapak tangan.

Sementara itu, pada Lebaran kali ini, pemerintah memang melonggarkan kegiatan masyarakat. Namun, dalam pelaksanaannya dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya