Bertambah Dua, Pasien Positif Corona di Madiun Menjadi Lima

Masih berkaitan dengan pasien yang meninggal di Solo

Madiun,IDN Times – Jumlah pasien positif corona atau Covid-19 yang dirawat di RSUD dr Soedono, Kota Madiun bertambah dua orang. Pada Senin (23/3) kemarin, Kepala Bidang Pelayanan Medik rumah sakit setempat dr. Sjaiful Anwar menyatakan jumlah pasien dengan status itu sebanyak tiga orang.

Berdasarkan pesan yang dikirim Sjaiful melalui WhatsApp kepada IDN Times, Selasa (24/3) pukul 09.50 WIB, jumlah pasien dengan status positif corona menjadi lima orang. Dua yang baru berjenis kelamin perempuan. “Dua-duanya wanita, positif,” tulis dia.

1. Bagian dari 17 warga yang diambil sampel darahnya

Bertambah Dua, Pasien Positif Corona di Madiun Menjadi LimaIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut dia, dua perempuan itu merupakan bagian dari 17 warga yang diambil sampel darah dan nasofaring-nya di Magetan beberapa hari lalu. Belasan orang itu adalah anggota keluarga maupun kerabat pasien positif Corona yang meninggal di RSUD Moewardi, Solo, Jawa Tengah pada Rabu (11/3).

Dari sejumlah warga hasil tracing atau penelusuran, sebanyak lima di antaranya dipastikan positif corona. Ini sesuai hasil tes swab di Laboratorium Balitbangkes, Kemenkes dari sampel darah dan nasofaring yang diambil sebelumnya.

2. Masuk ke RSUD dr. Soedono secara periodik

Bertambah Dua, Pasien Positif Corona di Madiun Menjadi LimaRuang isolasi disiapkan untuk mengantisipasi masuknya pasien terduga corona di RSUD dr Soedono Madiun, Februari 2020. (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Kelima orang yang dinyatakan positif itu menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr Soedono. Pasien pertama adalah istri almarhum yang meninggal di Solo. Perempuan itu mulai masuk di rumah sakit itu sejak Jumat (13/3) setelah dirujuk dari RSUD dr.Sayidiman, Magetan.

Adapun dua pasien positif lain yang mulai dirawat di RSUD dr.Soedono pada Sabtu (21/3) malam, merupakan pasangan suami-istri. Mereka mempunyai riwayat perjalanan dan kegiatan yang sama dengan perempuan yang juga dirawat di RSUD dr. Soedono. Demikian halnya dengan almarhum suaminya.

3. Virus Corona diduga dibawa dari Bogor

Bertambah Dua, Pasien Positif Corona di Madiun Menjadi LimaGambar ilustrasi virus corona (IDN Times/ istimewa)

Keempat orang itu merupakan sebagian dari peserta seminar di Bogor waktu lalu. Saat berada di salah satu di kabupaten wilayah Jawa barat itu mereka diduga tertular virus Corona.

“Iya (dua pasien positif baru masih berkaitan dengan yang meninggal di Solo),” tulis Sjaiful tanpa membalas pertanyaan tentang riwayat kegiatan kedua pasien perempuan tersebut.

Baca Juga: RSUD dr. Soedono Madiun Rawat Tiga Pasien Positif Corona

4. Sebanyak 20 PDP dirawat di RSUD dr Soedono, Madiun

Bertambah Dua, Pasien Positif Corona di Madiun Menjadi Limailustrasi petugas kesehatan masuk ruang isolasi pasien dengan indikasi terinfeksi virus Corona.Dok.IDN Times

Lima orang yang dinyatakan positif Corona itu merupakan bagian dari 20 pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi RSUD dr Soedono. Adapun 15 pasien lain yang juga dirawat di sana belum diketahui tentang kepastian terinfeksi virus Corona.

“15 PDP sudah di-swab, tunggu hasil. Kondisi 20 penderita baik semuanya,” ujar Sjaiful sembari menyatakan dua pasien di antaranya adalah anak-anak.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Penjara di Madiun Sediakan Ruang Isolasi  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya