Comscore Tracker

Bagian Mesin ATM yang Digondol Maling di Madiun Ditemukan di Jateng

Kondisinya rusak akibat dilas

Madiun, IDN Times - Polisi masih menyelidiki pencurian mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank BMD Syariah di Desa Karangmalang, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. Perkembangan terbaru, dua bagian dari seperangkat mesin ATM yang sebelumnya raib ditemukan di sungai wilayah Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

"Dimungkinkan barang tersebut sengaja dibuang ke sungai yang berjarak sekitar 25 meter dari atas jembatan," ujar salah seorang penyidik di Mapolsek Balerejo, Rabu (15/1).

1. Pelaku masih diburu

Bagian Mesin ATM yang Digondol Maling di Madiun Ditemukan di JatengOlah TKP di Bank BMD Syariah Karangmalang, Kabupaten Madiun yang mesin ATM nya hilang. Dok. IDN Times/Istimewa

Menurut dia, bagian mesin ATM berupa lempengan logam yang telah ditemukan diduga sebagai pintu dan kotak penyimpan uang dengan kondisi rusak. Berdasarkan pengecekan petugas, kerusakannya akibat dilas. Diduga untuk mempermudah pelaku mengambil uang di dalam mesin ATM.

Saksi polisi yang merupakan petugas Bank BMD Syariah menyatakan jumlah uang di dalam mesin ATM sekitar Rp 41,4 juta. Sedangkan bagian lain dari piranti mesin ATM, seperti layar monitor belum ditemukan. Demikian halnya dengan pelaku yang hingga kini masih diburu.

2. Pengembangan penyelidikan terus dilakukan

Bagian Mesin ATM yang Digondol Maling di Madiun Ditemukan di JatengPetugas Inafis Satreskrim Polres Madiun sedang melakukan olah TKP. Dok. IDN Times/Istimewa

Kepala Polsek Balerejo AKP Suyanto mengatakan bahwa dengan ditemukannya bagian dari seperangkat mesin ATM menjadi pijakan polisi untuk terus melakukan penyelidikan. Namun, ia enggan menjelaskan upaya yang tengah dilakukan untuk mengungkap pencurian yang diketahui pada Senin (13/1) pagi. 

"Nanti kalau diekspose sekarang kami khawatir akan menyulitkan penyelidikan," ujar Suyanto. 

Berdasarkan rekaman kamera pantau atau CCTV yang dijadikan barang bukti, polisi memperkirakan kejadian pencurian berlangsung Senin dini hari. Adapun pelaku diperkirakan lebih dari satu orang. 

Baca Juga: Satu dari Lima Penderita DBD di Kabupaten Madiun Meninggal  

3.Jam tangan dan kunci gembok yang diduga milik pelaku diamankan

Bagian Mesin ATM yang Digondol Maling di Madiun Ditemukan di JatengTim Inafis Satreskrim Polres Madiun melakukan olah TKP di ruang ATM yang mesinnya lenyap dibawa maling. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, pencurian mesin ATM Bank BMD Syariah awalnya diketahui oleh petugas Polsek Balerejo yang sedang melakukan patroli. Saat melintas di jalur Madiun - Caruban, petugas mengetahui pintu ruang ATM terbuka. Mesin di dalamnya juga raib. 

Polisi yang curiga akhirnya mendatangi lokasi kejadian. Setelah dicek, mesin ATM yang sebelumnya diketahui berada di depan kantor Bank BMD Syariah sudah hilang. Dari temuan itu, tim Inafis Polres Madiun diturunkan ke tempat kejadian perkara. 

Dari hasil. Olah TKP ditemukan kunci gembok dan jam tangan yang diduga milik pelaku. Selain itu, polisi juga mengamankan dua rekamanan CCTV dari dalam ruangan ATM dan teras Bank BMD Syariah. 

Baca Juga: Mesin ATM di Madiun Digondol Kawanan Pencuri 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya