Arus Mudik, Polisi Ponorogo Lakukan Tes Urine Sopir Bus  

Tidak ditemui sopir dalam pengaruh miras dan narkotika

Ponorogo, IDN Times - Personel Kesehatan Polres Ponorogo mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan pengaruh narkotika maupun minuman beralkohol pada sopir. Karena itu, sebanyak 13 pengemudi bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mengikuti tes urine di Terminal Seloaji, Rabu (29/5).

Wakapolres Ponorogo Kompol Indah Wahyuni mengatakan dari hasil tes urine tidak ditemukan adanya sopir yang kondisinya dipengaruhi alkohol maupun narkotika. "Semua hasilnya negatif. Tapi, sopir tetap perlu menjaga kesehatan," kata dia saat melakukan tes urine kepada para sopir bus dengan trayek jarah jauh. 

1. Bila lelah sopir diminta istirahat sejenak

Arus Mudik, Polisi Ponorogo Lakukan Tes Urine Sopir Bus  Dok.IDN Times/Istimewa

Apabila sopir merasa lelah, ia berharap agar segera beristirahat sejenak di sejumlah rest area yang berdiri di sepanjang jalan yang dilalui. Selain itu memeriksakan kesehatannya di pos pelayanan yang banyak dibuka selama arus mudik dan balik Lebaran. 

Setiap pos pelayanan, Indah melanjutkan, menyiagakan petugas medis dan para medis yang bisa dimanfaatkan setiap pengguna jalur mudik. Ini termasuk sopir bus. Dengan demikian, resiko kecelakaan lalu lintas akibat human error dapat diminimalisir. "Jangan sampai terjadi kecelakaan karena keteledoran sopir," ujar dia. 

2. Sopir perlu meningkatkan kewaspadaan karena frekuensi lalu lintas meningkat

Arus Mudik, Polisi Ponorogo Lakukan Tes Urine Sopir Bus  Dok.IDN Times/Istimewa

Indah menuturkan, frekuensi arus lalu lintas pada musim arus mudik dan balik Lebaran dipastikan meningkat. Kemacetan dimungkinkan terjadi di sejumlah titik di jalur utara, tengah dan selatan Jawa.
Karena itu, saat meninjau tes urine, Indah juga meminta para sopir meningkatkan kewaspadaan saat mengemudi. Terutama bagi mereka yang memiliki trayek jarak jauh, seperti dari Ponorogo - Jakarta, Ponorogo - Bali.

3.Pengecekan kendaraan juga perlu dilakukan secara intensif

Arus Mudik, Polisi Ponorogo Lakukan Tes Urine Sopir Bus  Dok. IDN Times/Istimewa

Selain melakukan tes urine, pihak kepolisian juga menekankan pada para sopir memperhatikan kondisi kendaraannya. Pengecekan harus dilakukan secara intensif sebelum bus dioperasionalkan atau keluar dari garas suatu perusahaan otobus. 

Pengecekan itu seperti ketebalan ban, sein, rem, dan sebagainya. Berdasarkan data dari pengelola terminal bus Seloaji, armada bus untuk AKDP sebanyak 130 unit. Adapun trayeknya seperti Ponorogo - Surabaya, Ponorogo - Trenggalek, dan Ponorogo - Pacitan. Sedangkan untuk bus AKAP sebanyak 60 armada. Jumlah itu meningkat seiring meningkatnya jumlah penumpang.

Baca Juga: Cuci Karpet Masjid, Seorang Santri Ponorogo Tewas di Kali

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya