Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Madiun Operasikan Kereta Tambahan  

Beroperasi hari Minggu besok

Madiun, IDN Times - Jumlah penumpang kereta api saat Iduladha 1440 Hijriyah diprediksi meningkat. Apalagi, momentum itu berbarengan dengan libur akhir pekan. Karena itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Daerah Operasi 7 Madiun menjalankan kereta Brantas Tambahan dengan relasi Stasiun Blitar - Pasar Senen, Jakarta. 

Dioperasionalkannya satu rangkaian kereta tambahan itu untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Diharapkan para pecinta moda transportasi massal ini dapat tertampung saat balik dari kampung halaman. 

1. Hingga Jumat sore, tiket kereta Brantas tambahan masih tersedia

Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Madiun Operasikan Kereta Tambahan  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendri Wintoko mengatakan perjalanan kereta Brantas Tambahan ini dijadwalkan pada hari Minggu (11/8). Jumlah kereta atau gerbong penumpang sebanyak tujuh unit dan satu untuk pembangkit. Adapun kapasitasnya mencapai 448 tempat duduk. 

Berdasarkan hasil pemantauan pihak PT KAI, jumlah tempat duduk masih tersedia 363 buah hingga Jumat (9/8) pukul 13.00. Sedangkan 85 seat telah terjual sejak penjualan tiket dibuka pada H-2 Idul Adha. 

2. Permintaan tiket bakal terus meningkat hingga Minggu

Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Madiun Operasikan Kereta Tambahan  Dok IDN Times/Istimewa

Menurut Ixfan pemesanan tiket dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi KAI Access, CC 121 maupun website resmi PT KAI. Selain itu, juga dilayani di channel eksternal yang bekerjasama dengan salah satu Badan Usaha Milik Negara itu, seperti Indomaret dan Alfamart. 

Bagi warga di wilayah Daop 7 Madiun dan akan bepergian menggunakan kereta api diharapkan segera membeli tiket kereta Brantas Tambahan baik secara online atau offline. Sebab, dimungkinkan tempat duduk yang tersedia akan banyak dipesan lantaran tingginya animo masyarakat menggunakan jasa kereta api saat libur Idul Adha. 

3. Jumlah penumpang diprediksi lebih banyak dibandingkan akhir pekan biasa

Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Madiun Operasikan Kereta Tambahan  Dok.IDN Times/Istimewa

Ixfan memprediksi jumlah penumpang pada Hari Minggu nanti melonjak bila dibandingkan dengan hari biasa maupun akhir pekan di luar hari libur nasional itu. Ia pun mencontohkan jumlah pelanggan rata-rata 2.100 - 2.500 per hari pada libur akhir pekan. Jumlah itu diperkirakan bakal meningkat pada hari Minggu besok.

"Kebetulan akhir pekan kali ini tepat di hari Minggu dan bersamaan dengan Hari Raya Iduladha yang memungkinkan para pengguna jasa KA melakukan perjalanan liburan ke kampung halaman masing-masing, " jelas Ixfan.

4.Tiket sejumlah kereta telah ludes terjual

Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Madiun Operasikan Kereta Tambahan  Dok.IDN Times/Istimewa

Peningkatan calon penumpang menjelang Iduladha sudah diketahui pihak PT KAI. Berdasarkan data penjualan tiket, menurut dia, sejumlah kereta telah penuh untuk keberangkatan dari Pasar Senen menuju wilayah Daop 7 Madiun pada Jumat hingga Sabtu besok. Adapun keretanya adalah Brantas reguler, Singasari, dan Majapahit. 

Kemudian tiket kereta Brantas reguler dan Singasari untuk keberangkatan dari Blitar tujuan Pasarsenen pada Jumat hingga Minggu juga telah ludes terjual. Adapun untuk kereta Brantas tambahan dengan keberangkatan pada hari Minggu masih tersedia. 

Adapun jadwalnya berangkat dari Stasiun Blitar jam 13.55, kemudian Stasiun Tulungagung datang jam 14.26 dan berangkat jam 14.29. Selanjutnya, Stasiun Kediri datang jam 14.56 dan berangkat jam 14.59 Lalu, Stasiun Kertosono datang jam 15.35 berangkat jam 15.38 dan Stasiun Nganjuk datang jam 16.00, berangkat jam 16.02. Kemudian, datang di Stasiun Madiun jam 16.43 dan berangkat jam 16.50. 

Baca Juga: Sopir Mengantuk, Truk Trailer Masuk Jalur Rel Kereta

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya