Resahkan Mahasiswa Trunojoyo, Pelaku Pencurian Ternyata Penjaga Kosan

Penjaga keamanan kok mencuri

Bangkalan, IDN Times - Pencurian yang meneror tempat kos mahasiswa di sekitar kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) telah diungkap tim Satreskrim Polres Bangkalan. Aksi itu ternyata didalangi oleh tiga orang pelaku. "Tersangkanya tiga orang," kata Kapolres Bangkalan AKBP Bobby Paludin Tambunan, Rabu, (2/1).

1. Didalangi dua warga Bangkalan, satu penadah asal Blora

Resahkan Mahasiswa Trunojoyo, Pelaku Pencurian Ternyata Penjaga KosanIDN Times/Musthofa Aldo

Identitas para tersangka, kata Bobby, antara lain, Abdurrahman, warga Desa Keleyan, Kecamatan Socah. Kedua, Rohim, warga Desa Candi, Kecamatan Labang. Dan ketiga, Muhammad Sobirin, asli Kabupaten Blora. Menurut Bobby, nama terakhir merupakan penadah barang curian.

Baca Juga: Kriminalitas di Gresik Masih Didominasi Penipuan dan Pencurian

2. Belasan kali satroni kosan kosong

Resahkan Mahasiswa Trunojoyo, Pelaku Pencurian Ternyata Penjaga KosanIDN Times/Sukma Shakti

Yang ironis, tutur Bobby, Rahman dan Rohim merupakan penjaga keamanan sejumlah tempat kos di sekitar kampus. Mereka menyasar kamar kos yang sedang sepi dan menggasak apa saja yang ditemukan, terutama telepon seluler dan laptop. "Mereka mengaku sudah belasan kali mencuri," ujar dia.

3. Apes gegara dorkas

Resahkan Mahasiswa Trunojoyo, Pelaku Pencurian Ternyata Penjaga Kosansafedepositfederation.com

Mungkin karena selalu berhasil, Rahman dan Rohim meningkatkan kelas barang yang dicuri. Pada aksi terakhir, mereka menggasak dorkas alias sepeda motor roda tiga, milik warga.

Rupanya dorkas itu membawa apes. Saat hendak menjualnya di wilayah Kota Bangkalan. Sebelum transaksi sukses, keburu kepergok pemiliknya. Mereka pun ditangkap dan diserahkan ke polisi. Atas perbuatannya, Rahman dan Rohim dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian biasa. Mereka terancam 5 tahun penjara.

4. Mahasiswa harus jadi polisi bagi diri sendiri

Resahkan Mahasiswa Trunojoyo, Pelaku Pencurian Ternyata Penjaga KosanIDN Times/Sukma Shakti

Melihat maraknya pencurian di tempat kos, Bobby pun mengimbau agar para mahasiswa selalu waspada. "Mahasiswa harus jadi polisi bagi dirinya sendiri. Pemilik kos juga, harus memperhatikan keamanan, minimal pasang cctv," harap Bobby.

Baca Juga: Sedapnya Makanan Rujak Soto di Bangkalan Ala Mbok Brejot, Bikin Nagih!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya