Puting Beliung Amuk Gedung SMK di Sumenep

SMK kewenangan pemerintah provinsi

Sumenep, IDN Times - Angin puting beliung menerjang Desa Legung Barat, Kecamatan Batang Batang di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Akibatnya, satu Gedung SMK Aswaja di desa itu ambruk hingga rata dengan tanah.

1. Tidak ada korban jiwa

Puting Beliung Amuk Gedung SMK di SumenepIDN Times/Musthofa Aldo

Kepala SMK Aswaja, Syaiful Anwar mengatakan ambruknya gedung tidak sampai menyebabkan korban luka, apalagi meninggal. Sebab, kejadiannya pada Selasa malam, sekitar pukul 19.30 WIB. Tidak ada aktivitas di sekolah itu.

"Alhamdulillah gak ada korban jiwa karena kejadiannya malam," kata dia, Rabu (23/1).

Baca Juga: Polres Sampang Selidiki Penyebab Ambruknya Atap Puskesmas Torjun

2. Siswa tetap belajar

Puting Beliung Amuk Gedung SMK di SumenepDok. IDN Times/Istimewa

Meski dua kelas ambruk, Syaiful memastikan kegiatan belajar di SMK Aswaja tetap berjalan dengan memanfaatkan ruang kelas yang tersisa. Agar cukup, siswa kelas 1 dan 2 ditempatkan dalam satu kelas dan siswa kelas 3 menumpang ke ruang milik Madrasah Ibtidaiyah yang letaknya satu kompleks.

Menurut dia, bangunan yang ambruk, dulunya dibangun swadaya oleh masyarakat. "Kami mengharap pemerintah dapat membantu agar gedung dibangun kembali, agar kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan baik," ujar dia.

3. SMK di bawah naungan langsung Pemerintah Provinsi

Puting Beliung Amuk Gedung SMK di SumenepIDN Times/Galih Persiana

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Rahman Riyadi mengatakan ambruknya gedung SMK Aswaja murni karena faktor cuaca buruk yang memang melanda sebagian wilayah Sumenep dalam dua hari terakhir.

Dia pun meminta masyarakat tetap waspada. Karena cuaca buruk masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

"Karena yang ambruk gedung SMK, kami akan sampai ke Pemerintah Provinsi. Sebab, SMK dan SMA saat ini sudah di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur," kata dia.

Baca Juga: Sumenep Bangun Sport Center, Perssu dan Madura FC Segera Punya Stadion

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya