Comscore Tracker

Polres Bangkalan Cek Kesehatan Sopir Truk yang Melintas di Suramadu

Mereka diminta istirahat setiap 4 jam

Bangkalan, IDN Times- Satlantas Polres Bangkalan bekerja sama dengan Jasa Marga mengggelar operasi keselamatan di Pos Sendeng, tepatnya di lampu merah pertama setelah jembatan Suramadu. Sasaran dalam operasi ini adalah para sopir truk dan bis yang melintas. Mereka diminta berhenti untuk diperiksa kesehatan.

1. Cek tensi hingga cek darah

Polres Bangkalan Cek Kesehatan Sopir Truk yang Melintas di SuramaduIDN Times/Musthofa Aldo

Pemeriksaan kesehatan meliputi tensi darah, kadar gula hingga asam urat. Bila dari serangkaian pemeriksaan dinyatakan normal, maka dokter hanya memberikan vitamin. Bila tidak normal, mereka akan diberi obat.

2. Diminta beristirahat setiap 4 jam

Polres Bangkalan Cek Kesehatan Sopir Truk yang Melintas di SuramaduIDN Times/Musthofa Aldo

Ary Yanuar Rahmanto, dokter yang memeriksa para sopir mengatakan bahwa secara umum kondisi para supir normal. Keluhan paling banyak adalah letih. Namun hal itu dinilai normal karena mayoritas sedang berpuasa. "Ada satu yang kena kencing manis dan gulanya tinggi, langsung kami berikan obat," kata dia, Jumat (10/5).

Ary mengatakan, kondisi optimal menyetir mobil adalah 4 jam. Lebih dari itu, dia menyarankan para sopir rehat. "Nyupir jangan ngoyo, beri tubuh kesempatan untuk relaksasi," ujar dia.

3. Pemeriksaan kesehatan agar sopir tak celaka

Polres Bangkalan Cek Kesehatan Sopir Truk yang Melintas di SuramaduIDN Times/Musthofa Aldo

Kasatlantas Polres Bangkalan, AKP Danu Anindito mengatakan pemeriksaan kesehatan gratis itu diberikan untuk mencegah terjadinya kecelakaan selama bulan ramadan. "Apalagi nanti saat musik mudik tiba, kondisi sopir harus prima, agar selamat," kata dia.

Bahrudin, sopir truk Elpiji, mengaku senang bisa periksa kesehatan gratis. Dia bersyukur karena dalam pemeriksaan itu kesehatan normal tanpa masalah. "Tadi cuma diminta banyak minum karena sering nyeri pinggang," katanya.

Selain pemeriksaan sopir, satlantas juga membagikan ratusan paket takjil gratis pada pengguna jalan yang melintas.

Baca Juga: Video Beri Amplop ke Kiai di Bangkalan Viral, Begini Penjelasan Luhut

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You