Comscore Tracker

Mahasiswa Sampang Demo, Tolak Kenaikan BPJS

Masih banyak peserta BPJS yang belum terlayani dengan baik

Sampang, IDN Times - Rencana pemerintah menaikkan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ditolak mahasiswa. Dua organisasi mahasiswa, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sampang turun ke jalan. Mereka berdemontrasi di gedung DPRD Kabupaten Sampang, Kamis (5/9).

1. Kenaikan akan membebani warga

Mahasiswa Sampang Demo, Tolak Kenaikan BPJSIDN Times/Musthofa Aldo

Korlap aksi, Syaiful Rahman menilai rencana kenaikan iuran BPJS hingga 100 persen akan sangat memberatkan masyarakat. Semestinya, sebelum kebijakan itu dibuat, perlu ada evaluasi menyeluruh agar penyebab sebenarnya defisit anggaran BPJS diketahui dan diungkap ke publik.

"Kalau seenaknya menaikkan iuran tak ubahnya kebijakan diktator," kata dia.

2. Masih banyak peserta BPJS yang belum terlayani dengan baik

Mahasiswa Sampang Demo, Tolak Kenaikan BPJSIDN Times/Musthofa Aldo

Alasan lain mahasiswa menolak iuran BPJS dinaikkan karena masih ada temuan pasien BPJS tidak dilayani seperti pasien umum di sejumlah rumah sakit. "Pemerintah hanya bisa menambah bebas masyarakat, tapi pendapatan dan lapangan kerja tidak bertambah," ujar dia.

Baca Juga: Buruh Kota Malang Tolak Rencana Kenaikan Iuran BPJS

3. Gaji Direksi Dinaikan Lebih Dulu

Mahasiswa Sampang Demo, Tolak Kenaikan BPJSIDN Times/Musthofa Aldo

Seperti diketahui, pemerintah berencana menaikkan iuran BPJS kelas I dan II. Rinciannya, kelas I naik naik dari Rp80 ribu menjadi Rp160 ribu. Sementara kelas II dari semula Rp51 ribu menjadi Rp110 ribu. 

Usul ini sendiri disuarakan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Dia mengatakan kenaikan perlu dilakukan untuk menambal defisit. Jika usulan ini disepakati, tarif baru akan mulai berlaku Januari 2020 mendatang. Namun, wacana ini bisa jadi batal lantaran Komisi IX dan XII DPR menolak usulan Sri Mulyani.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik, Fadli Zon: Itu Menyusahkan Masyarakat 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya