Comscore Tracker

Harga Garam Anjlok, Tiga Bupati Surati Mendag

Isinya minta standarisasi harga

Pamekasan, IDN Times - Tiga bupati di Madura berkirim surat ke Kementerian Perdagangan. Surat dari Bupati Sumenep KH Busyro Karim, Bupati Pamekasan Badrut Tamam dan Bupati Sampang Slamet Junaidi itu berisi beberapa usulan dan permintaan agar harga garam yang anjlok tak seperti tradisi, terus menerus terulang setiap tahun.

1. Usul standarisasi harga

Harga Garam Anjlok, Tiga Bupati Surati MendagIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Salah satu usulan dari para bupati itu adalah standarisasi harga. Dalam dunia perdagangan, standarisasi ini biasa disebut HPP atau Harga Pokok Pembelian. "Agar pertani tak terus rugi," kata Bupati Badrut Tamam.

2. Diusulkan Rp1100 per kilogram

Harga Garam Anjlok, Tiga Bupati Surati MendagPixabay.com

Harga garam yang dianggap tidak merugikan petani juga harusnya dipatok di angka Rp1100 per kilogram. Harga ini menurutnya sudah memperhitungkan semua aspek, mulai dari biaya produksi sejak penggarapan, pengemasan, pengangkutan hingga ongkos para pekerja. "Harga garam impor tidak dijadikan pertimbangan," ujar Badrut.

Selain harga, para bupati juga meminta Kementerian Perdagangan mengkaji lagi kebijakan impor garam yang menjadi salah satu penyebab merosotnya harga garam. Misalnya waktu impor jangan dilakukan saat musim panen petani dalam negeri. "Perusahaan diwajibkan membeli garam dalam negeri, kalau kurang, baru impor," kata Badrut.

Baca Juga: Harga Garam Anjlok, Khofifah Kunjungi Madura

3. Produksi garam Pamekasan sempat turun pada dua tahun terakhir

Harga Garam Anjlok, Tiga Bupati Surati MendagPexels.com/kaboompics.com

Pamekasan sendiri memiliki lahan garam seluas 913 hektar. Pada 2016 dan 2017 produksi garam anjlok akibat kemarau basah. Di tahun 2016, produksinya hanya 34 ribu ton. Sementara di tahun 2017 naik 54 ribu. Pada 2018 produksi kembali meningkat di angka 128 ribu ton lebih. Menurut politisi PKB ini, produksi meningkat karena kemarau berlangsung lebih lama mencapai 6 bulan.

Baca Juga: Harga Garam Nyungsep, Khofifah Kumpulkan Bupati se-Madura 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya