Coblos Ulang Pilpres di Sampang Sepi

Coblos ulang karena surat suara lebih dahulu tercoblos

Sampang, IDN Times - Coblos ulang pemilu di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, sepi pemilih. Dari tiga TPS di dua kecamatan yang menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), suasana paling lengang nampak di TPS 6 Desa Madupat, Kecamatan Camplong. Panitia TPS juga polisi yang berjaga tampak duduk santai di teras rumah warga menunggu pemilih.

Baca Juga: Pelaku Penembakan di Sampang Diringkus Polisi

1. Lebih ramai saat 17 April

Coblos Ulang Pilpres di Sampang SepiIlustrasi kotak suara/IDN Times/Mela Hapsari

Ketua TPS 6 Nuruddin mengatakan belum tahu penyebab warga enggan ke TPS. Padahal, saat 17 April lalu, warga begitu antusias. Namun saat coblos ulang malah minim. "Total DPT 238 orang, tapi sampai sekarang (jam 11) masih 41 pemilih yang nyoblos," kata Ketua TPS 6 Nuruddin, Kamis (25/4).

2. Dipantau langsung Kapolres dan Dandim

Coblos Ulang Pilpres di Sampang SepiIlutrasi TPS/IDN Times/Abdurrahman

Meski sepi, pelaksanaan coblos ulang di TPS 6 tetap sejumlah anggota Muspida yaitu Kapolres dan Dandim Sampang. Termasuk juga Komisioner KPU dan Bawaslu Sampang.

Soal sepi pemilih itu, Ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif mengatakan belum tahu penyebab minimnya pemilih yang datang. Namun, dia memastikan form C6 atau pemberitahuan ke seluruh warga yang punya hak pilih telah disebar pada H-1.

Namun dia berharap hingga batas akhir pencoblosan, jumlah pemilih terus bertambah. "Pantauan PSU di TPS lain, pemilih cukup antusias," kata dia.

3. Penyebab Coblos Ulang

Coblos Ulang Pilpres di Sampang SepiIDN Times/musthofa Aldo

Coblos ulang di TPS 6 khusus surat suara Pilpres. Ini akibat salah satu KPPS ketahuan mencoblos sendiri sejumlah surat suara. Video kecurangan itu pun viral di media sosial. Bawaslu kemudian merekomendasikan coblos ulang ke KPU Sampang.

Selain di TPS 6, Coblos Ulang juga digelar di TPS 9 Desa Rabasan, Kecamatan Camplong. Serta, TPS 3 Desa Trapang Kecamatan Banyuates.

TPS 9 menggelar coblos ulang untuk lima surat suara. Sedang TPS 3 melakukan PSU untuk surat suara DPRD Kabupaten Dapil IV.

 

Baca Juga: Dicoblos Duluan, Tiga TPS di Sampang Gelar PSU

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya