Bupati Bangkalan Terima Rombongan Kirab Satu Negeri GP Ansor 

Kirab keliling Indonesia dilakukan dari lima titik

Bangkalan, IDN Times - Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggelar kirab bendera merah putih keliling Indonesia. Kirab bendera merah putih yang memiliki tema 'Bela Negara, Bangsa, Negeri' dilakukan serempak, dari lima titik, oleh lima tim Banser. Kelima titik itu merupakan wilayah perbatasan RI, mulai dari Sabang, Merauke, Miangas, Rote, dan Nunukan.

Semua rute kirab ini akan bertemu di Yogyakarta pada 26 Oktober 2018. Di sana akan digelar apel Akbar dengan peserta diperkirakan 80 ribu Banser dan GP Ansor seluruh Indonesia. Bahkan, dalam acara itu juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. "Dua puluh ribu di antaranya berasal dari Jawa Timur," kata Gus Abid Umar, Sekertaris Pengurus Wilayah GP Ansor Jatim, Minggu (7/10).

Baca Juga: Cepat Tangkap Penghina Nabi, GP Ansor Apresiasi Kerja Polisi

1. Presiden Joko Widodo dipastikan Hadiri Apel Banser

Bupati Bangkalan Terima Rombongan Kirab Satu Negeri GP Ansor IDN Times/Musthofa Aldo

Tim kirab yang melintasi Pulau Jawa dimulai dari Pulau Rote. Kirab itu dimulai pada 5 Oktober 2018. Dari Pulau Rote menuju NTT, lalu ke NTB, kemudian Bali, menyeberang ke Banyuwangi. 

Seusai sampai Banyuwangi, bendera diserahterimakan ke GP Ansor Jatim. Tim Ansor Jatim ini kemudian keliling Jawa Timur. Dimulai dari Probolinggo, Pasuruan, dan sampai Kabupaten Bangkalan.

"Kirab lancar, tidak ada kendala. Total tim kirab berjumlah 17 orang," kata Satkorwil Banser Jatim, Muhammad Muhlis, Minggu (7/10).

2. Tim kirab diterima langsung Bupati Bangkalan

Bupati Bangkalan Terima Rombongan Kirab Satu Negeri GP Ansor IDN Times/Musthofa Aldo

Di Bangkalan, tim kirab diterima langsung oleh Bupati Bangkalan, Abdul Latief Amin di rumah dinasnya. Tampak hadir pula Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Paludin Tambunan. Adik KH Fuad Amin, mantan Bupati Bangkalan, itu mengatakan tim kirab mampir ke Bangkalan adalah keputusan tepat.

Sebab di Bangkalan, kata dia, ada makam Syaikhona KH Muhammad Kholil. Kiai Kholil merupakan sosok yang punya peranan penting didirikannya organisasi NU oleh KH Hasyim Asy'ari. "Ansor dan Banser harus tetap menjaga warisan para ulama, menjaga Indonesia agar tetap berdaulat," katanya.

3. Takziyah ke makam Kiai Kholil

Bupati Bangkalan Terima Rombongan Kirab Satu Negeri GP Ansor IDN Times/Musthofa Aldo

Dari Pendopo Bangkalan, tim kirab takziyah ke Makam Syaikhona Kholil di Desa Martajesah. Disana, mereka menggelar tahlil, istighosah dan doa bersama. Ketua GP Ansor Bangkalan, KH Hasani Zubair menambahkan Kiran bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat di seluruh Indonesia bahwa kita sama, kita satu, kita Indonesia yang berasaskan Pancasila. "Jangan mau dipecah belah," pungkasnya.

Dari Bangkalan, tim kirab akan bertolak ke kantor PWNU Jatim dan besok ke Balaikota Surabaya.

Baca Juga: Sambangi GP Ansor, Ahok Bicara tentang Islam Rahmatan Lil Al-Amin

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya