Banjir Rendam Empat Desa di Sampang, Ratusan Orang Mengungsi

Banjir disebabkan meluapnya Sungai Nyiburan

Sampang, IDN Times - Empat desa di Kecamatan Jrengik, Sampang, terendam banjir. Keempat desa yang dilanda banjir yaitu Desa Margantoko, Panyepen, Majangan, dan Asem Nonggal.

Genangan air mulai masuk ke pemukiman warga, pada Senin (28/1) sore. Banjir itu menyebabkan 170 kepala keluarga mengungsi, karena volume air terus meninggi.

Baca Juga: Kunjungi Korban Banjir, Sandiaga Uno Malah Diberi Uang

1. Banjir berasal dari luapan Sungai Nyiburan

Banjir Rendam Empat Desa di Sampang, Ratusan Orang MengungsiIDN Times/Musthofa Aldo

Mat Romli (40), warga Dusun Nyiburan, Desa Panyepen, mengatakan jika desa tempatnya tinggal selalu menjadi langganan banjir setiap musim hujan tiba. Banjir terjadi karena Sungai Nyiburan meluap.

Sedangkan banjir kali ini, kata Romli, ketinggian airnya mencapai 70 centimeter, sehingga masuk ke dalam rumah warga. "Mungkin karena hujan terus sejak kemarin, jadinya sungai tak kuat menampung," kata dia.

2. Pengungsi terbanyak di Desa Margantoko

Banjir Rendam Empat Desa di Sampang, Ratusan Orang MengungsiIDN Times/Musthofa Aldo

Pj Bupati Sampang, Jonathan Judianto, langsung meninjau lokasi banjir. Dia ditemani oleh Kepala BPBD Sampang, Anang Djunaidi. 

Jonathan mengatakan jika kondisi banjir terparah melanda Desa Margantoko. Ketinggian air yang menggenangi di Desa Margantoko mencapai 70 centimeter. 

"Di desa ini ada dua dusun terdampak, Dusun Gendih, dan Dusun Manis, total warga yang mengungsi sekitar 640 jiwa," kata Jonathan.

3. Hujan sudah reda dan air semakin surut

Banjir Rendam Empat Desa di Sampang, Ratusan Orang MengungsiIDN Times/Musthofa Aldo

Selain meninjau Desa Margantoko, Jonathan juga meninjau banjir di Dusun Nyibura, Desa Panyeppen. Menurutnya, ketinggian air di Dusun Nyibura sekitar 80 centimeter.  

Setelah melihat kondisi warga, Jonathan menilai warga tak perlu dievaluasi. Sebab, hujan telah reda, sehingga dia yakin saat malam hari genangan air akan semakin surut.

"Untuk kota Sampang belum banjir, kata BPBD, banjir akan masuk kota malam ini," ungkap dia.

Baca Juga: Sidang Kasus Penembakan Sampang Segera Digelar, Ini Jadwalnya

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya