UMKM dan Balai Latihan Kerja di Banyuwangi Produksi Ribuan Masker Kain

Produksi masker juga untuk menyiasati sepinya pemesanan kaos

Banyuwangi, IDN Times - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) konveksi dan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Banyuwangi memproduksi ribuan masker kain yang bisa dicuci ulang. Meski tidak tergolong standar untuk tenaga medis, produksi masker kain tersebut laris dibeli masyarakat di tengah kelangkaan masker standar kesehatan mencegah penyebaran virus corona.

1. Menyiasati sepinya pemesanan kaos

UMKM dan Balai Latihan Kerja di Banyuwangi Produksi Ribuan Masker KainProduksi masker kain di Kabupaten Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Salah satu UMKM konveksi yang memproduksi masker tersebut adalah Hady Konveksi, yang terletak di Desa Jelun Kecamatan Licin. Konveksi ini telah memproduksi 2000 masker yang laris diserbu pembeli.

Hady, pemilik konveksi Hady mengatakan, usaha miliknya mulai memproduksi masker pada dua minggu terakhir. Produksi masker ini dilakukan olehnya untuk menyiasati produksi kaos konveksinya yang turun drastis akibat dampak penyebaran virus corona.

“Biasanya kami memproduksi kaos yang dipesan oleh toko oleh-oleh di sekitar Banyuwangi, Tapi sejak banyak toko yang tutup karena adanya corona, kami putar otak dengan memproduksi masker,” kata Hady, Kamis (2/4).

2. Masker dijual Rp5000

UMKM dan Balai Latihan Kerja di Banyuwangi Produksi Ribuan Masker KainProduksi masker kain di Kabupaten Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Masker produksinya dibuat dari bahan kaos. Dalam sehari bisa memproduksi hingga 300 masker.  Masker tersebut, kata Hady dijual Rp5000 per buah. Namun untuk reseller harganya bisa lebih murah lagi dengan pembelian minimum satu lusin. Masker tersebut menurutnya sangat diminati oleh masyarakat.

“Setiap hari kami memproduksi bisa sampai 300 buah. Semua sudah ada yang mengambil, baik oleh konsumen langsung atau dijual lagi oleh reseller,” kata Hady.

Selain memproduksi masker, konveksi Hady menjadi salah satu UMKM yang digandeng oleh pemerintah daerah untuk memproduksi pakaian APD bagi tenaga kesehatan. APD tersebut dibawah supervisi langsung Dinas Kesehatan Banyuwangi.

3. Bahan masker kain katun oxford

UMKM dan Balai Latihan Kerja di Banyuwangi Produksi Ribuan Masker KainProduksi masker kain di Kabupaten Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Selain UMKM, Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuwangi juga memproduksi ribuan masker kain yang dibagikan gratis bagi warga. Kepala BLK Banyuwangi Rusman mengatakan pembuatan masker oleh BLK untuk berpartisipasi dalam penanganan wabah virus Covid 19.

“Semua BLK di bawah UPTD Kemnaker diminta untuk memproduksi produk yang saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat tapi langka, seperti masker. Produksinya diutamakan untuk memenuhi kebutuhan daerah masing-masing,” kata Rusman saat dihubungi beberapa waktu lagi.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan masker adalah bahan katun oxford. Bahan ini sendiri punya kelebihan cukup tebal tapi tetap nyaman dipakai. Sebelum diproses, bahan tersebut telah dicuci dan disterilkan terlebih dahulu.

“Meskipun ini bukan masker bedah, namun masker kain ini bisa meminimalisir penularan virus Covid 19. Minggu lalu sudah kami sudah tuntaskan 2.000 masker dan salah satunya, kami serahkan ke pemkab,” ujar Rusman.

Baca Juga: Tekan Virus Corona, Austria Wajibkan Warga Pakai Masker di Supermarket

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya