Tetap Mangkal di Tengah Demo, Poniran: Ingin Jadi Saksi Perjuangan

Dia merasa dibela sebagai pekerja

Banyuwangi, IDN Times - Poniran (64) tampak tenang dengan posisi duduk yang santai di atas becaknya, meski di jalanan ribuan mahasiswa datang memadati jalanan kawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi. Ribuan mahasiswa dan pelajar yang tergabung dari berbagai elemen tersebut, melakukan orasi, bakar ban, saling lempar air mineral hingga ada yang kedapatan membawa batu di dalam tas.

Para demonstran menuntut agar DPRD Banyuwangi menampung aspirasi untuk menolak pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus-Law. Aksi berlangsung damai, meski sempat ada ketegangan antara aparat dan demonstran.

1. Tukang becak 8 bulan sepi penumpang

Tetap Mangkal di Tengah Demo, Poniran: Ingin Jadi Saksi PerjuanganTukang Becak di Banyuwangi ingin jadi saksi jalannya aksi demonstrasi menolak RUU Omnibus-Law di Banyuwangi. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Seperti biasa, Poniran berangkat dari rumah menuju pos mangkal di kawasan DPRD Banyuwangi sekitar pukul 08.00 WIB. Meski Dinas Perhubungan Banyuwangi bersama Polisi telah menutup kendaraan umum di ruas jalan utama menuju kantor dewan, Poniran tetap berangkat untuk bekerja, mencari penumpang untuk diantar.

"Sudah 12 tahun saya bekerja jadi tukang becak. Ada dua orang yang mangkal di kawasan DPRD sini, saya sama satu teman. Tapi teman saya sudah pulang tadi, 'takut' katanya," ujar Poniran saat menyaksikan jalannya aksi di atas becaknya, Senin (12/10/2020).

Sudah 8 bulan ini, Poniran merasakan dampak dari pandemi Corona (COVID-19). Sebelum COVID-19 biasanya dia mendapat pemasukan sekitar Rp 40.000-60.000 per hari. Namun kali ini hanya di kisaran Rp 15.000- 30.000 per hari.

"Kadang juga tidak dapat penumpang sama-sekali. Saya berangkat jam 8 pagi, pulang jam 4 sore. Tapi selama pandemi ini saya sering dapat bantuan dari orang dermawan di jalan, seperti nasi, uang dan sembako," kata bapak tiga anak ini.

2. Ingin jadi saksi membela pekerja

Tetap Mangkal di Tengah Demo, Poniran: Ingin Jadi Saksi PerjuanganTukang Becak di Banyuwangi ingin jadi saksi jalannya aksi demonstrasi menolak RUU Omnibus-Law di Banyuwangi. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Aksi demonstrasi yang berlangsung sekitar 1,5 jam nyaris berlangsung ricuh. Masiswa dan pelajar sudah saling melempar botol mineral hingga sandal ke arah gedung DPRD Banyuwangi. Massa juga naik ke pagar gedung dewan dan mendorong pagar gedung. Polisi juga mengamankan dua pelajar yang kedapatan membawa kumpulan batu di dalam tasnya.

"Ini kan demo untuk membela pekerja kan?, saya berarti kena imbasnya juga. Hingga jam 12 ini saya belum dapat penumpang. Saya gak takut ada demo ini, saya tetap pengen di sini, biar jadi saksi saja," kata Poniran.

Baca Juga: Aksi Nasi Pitungewunan untuk Tukang Becak hingga Buruh Gendong 

3. Ada dua pelajar yang ditangkap

Tetap Mangkal di Tengah Demo, Poniran: Ingin Jadi Saksi PerjuanganRibuan Mahasiswa menolak UU Omnibus-Law di Kabupaten Banyuwangi. Mahasiswa juga membentangkan spanduk agar menutup tambang di Tumpang Pitu. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Untuk mengamankan demo ini sendiri, polisi menurunkan 1.150 personil. Saat aksi berlangsung, polisi menangkap dua pelajar yang kedapatan membawa batu di dalam tas yang diduga akan digunaka untuk dilemparkan saat aksi berlangsung.

"Iya tadi ada yang kedapatan membawa batu untuk dilemparkan, tentu itu tidak boleh dilakukan. Sementara ada dua yang kami amankan," ujar Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin yang turut hadir menemui para demonstran.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Anak Tukang Becak Mengejar Gelar Doktor ke Inggris

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya