Comscore Tracker

Terlilit Utang, Pria di Jember Nekat Gadaikan Motor Milik Tetangganya

Uniknya, pelaku berani pulang ke rumah

Jember, IDN Times - SYB (45) warga Dusun Sumber Tengah, Desa Pocangan, Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember sudah kehabisan akal. Akibat terlilit utang, ia nekat menggadaikan motor milik tetangganya sendiri. Pelaku membawa kabur motor tetangganya, Saiful B (43)dengan modus dipinjam untuk menjemput istrinya.

1. Murni ingin bantu tetangga, malah dikhianati

Terlilit Utang, Pria di Jember Nekat Gadaikan Motor Milik TetangganyaIlustarsi Ojek Online (IDN Times/Mardya Shakti)

Mulanya, Saiful tidak menaruh curiga dan langsung meminjamkan motornya beserta STNK. Niat Syaiful tulus, ia hanya ingin membantu tetangganya. SYB mengaku butuh kelengkapan STNK karena akan dibawa ke Bondowoso.

"Modus tersangka berpura-pura meminjam motor korban yang kebetulan tetangga dan masih dikenalnya dengan alasan menjemput istrinya," kata Kanit Reskrim Polsek Sukowono, Aipda Beni Wicaksono, Kamis (7/4/2022).

2. Bayar utang dan berjudi

Terlilit Utang, Pria di Jember Nekat Gadaikan Motor Milik TetangganyaIlustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Beni mengatakan, setelah berhasil membawa motor tetangganya. Ia menggadaikan motor di Bondowoso senilai Rp2.100.000. Motor jenis Hinda Beat tersebut digadaikan pelaku pada 24 Maret 2022.

Sebagian uang tersebut digunakan untuk bayar utang, dan judi dengan harapan bisa mendapatkan uang lagi. Namun, semua uang hasil gadainya habis. “Menurut pengakuan pelaku Uang hasil penjualan gadai milik korban telah habis untuk bayar hutang, dan berjudi” katanya.

Baca Juga: Awas! Penipuan Mengatasnamakan Wali Kota Surabaya

3. Pelaku berani pulang ke rumah

Terlilit Utang, Pria di Jember Nekat Gadaikan Motor Milik TetangganyaIDN Times/

Korban kemudian lapor ke Polsek Sukowono, karena motor yang dipinjam tak kunjung datang. Pada Selasa 5 April 2022 sekitar pukul 17.30 WIB, polisi berhasil menangkap pelaku. Uniknya, pelaku berani pulang dan bersembunyi di rumahnya.

"Dari hasil pemeriksaan, dia beralasan tak memiliki uang untuk membayar utang," jelasnya.

Baca Juga: Marak Pencurian Ban Mobil di Tuban, Ternyata Pelakunya Bocah 16 Tahun

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya