Tak Ingin Konflik Internal Ganggu Atlet, Ketua KONI Jember Mundur

Alvin mengaku tidak ada intervensi dan permintaan

Jember, IDN Times - Abdul Haris Afianto mengundurkan diri sebagai Ketua Umum KONI Jember. Pengunduran diri disampaikan Afianto langsung kepada Bupati Jember, Hendy Siswanto di Pendopo Wahyawibawagraha, pukul 19.00 WIB, Kamis (03/06/2021).

Pengunduran diri Alvin, sapaan akrabnya, menyusul desakan internal pengurus untuk mengadakan Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) dari para pengurus cabang olahraga sejak Maret 2021.

Desakan tersebut dipicu tidak adanya anggaran di internal KONI Jember untuk latihan atlet. Kendati demikian, musyawarah luar biasa tersebut tidak sampai terlaksana karena terhalang izin dari KONI Jatim.

Baca Juga: Jember Dapat Opini Tidak Wajar, Dana Insentif Miliaran Hangus

1. Berharap konflik segera selesai agar tak ganggu atlet

Tak Ingin Konflik Internal Ganggu Atlet, Ketua KONI Jember Mundur

Usai menyampaikan pengunduran diri sebagai Ketua KONI, Alvin hanya menginginkan agar seluruh cabang olahraga di Jember fokus menghadapi persiapan Porprov 2022. Ia menilai, konflik di intenal KONI harus segera diselesaikan agar tidak menggangu para atlet.

"Saya ingin agar seluruh atlet dan pelatih hanya fokus memikirkan prestasi saja dan tidak terganggu dengan masalah konflik kepengurusan. Maka dengan legowo dan ksatria, saya mengundurkan diri dari Ketua Umum KONI Jember," ujar Alvin, Kamis malam, (3/6/2021).

Baca Juga: Miris, BPK Berikan Opini Tidak Wajar pada Kabupaten Jember

2. Mundur tanpa paksaan

Tak Ingin Konflik Internal Ganggu Atlet, Ketua KONI Jember Mundurilustrasi olahraga di gym (IDN Times/Mardya Shakti)

Masa jabatan Alvin sebagai Ketua KONI harusnya usai pada tahun 2022 mendatang. Sebelumnya ia menilai upaya Musorkablub tidak sah dan sempat memecat sekertaris KONI akibat persoalan tersebut. Alvin mengaku, proses pengunduran dirinya, dilakukan tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

"Saya mengundurkan tidak ada paksaan dari siapapun. Saya juga tidak meminta apa-apa setelah ini," katanya.

3. Akan berbisnis ekspor sengon

Tak Ingin Konflik Internal Ganggu Atlet, Ketua KONI Jember Mundurlifepal.co.id

Usai mundur dari Ketua KONI, Alvin bakal kembali fokus menjadi pengacara dan menekuni bisnis ekspor kayu sengon serta alat berat di bidang pertambangan.

"Setelah ini saya fokus sebagai lawyer lagi, dan pengusaha tambang alat berat, dan mau kerjasama ekspor sengon," ujarnya.

Posisi Alvin sendiri bakal digantikan oleh pengurus internal KONI sendiri yang masih tersisa, yakni Bendahara. Posisi sekertaris, kata Alvin sudah kosong usai dipecat dari kepengurusan.

"Setelah ini, ada tahapan pleno, sekarang masih dipegang internal KONI, akan ada Plt-nya. Untuk sekertaris kosong, karena sudah saya pecat," ujarnya.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya