Sudah Tiga Bulan, Status Gunung Raung Masih di Level Waspada

Aktivitas pendakian gunung masih ditutup

Banyuwangi, IDN Times - Aktivitas erupsi Gunung Raung yang ada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso masih terpantau erupsi mengeluarkan material vulkanik dengan ketinggian asap setinggi 50-200 meter dari mulut kawah di ketinggian 3.300 Mdpl. Erupsi Gunung Raung kembali terjadi sejak Juli 2020 dengan status level waspada.

1. Aktivitas pendakian masih ditutup

Sudah Tiga Bulan, Status Gunung Raung Masih di Level WaspadaPinterest/Joel Beusen

Status Gunung Raung yang masih terpantau mengalami erupsi kecil, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi belum mencabut larangan pendakian di jalur Kecamatan Kalibaru untuk wisatawan. Masyarakat tetap diminta menjaga jarak di radius aman 2 kilometer dari Gunung Raung.

"Hingga saat ini masih level waspada. Erupsi masih terjadi, meski intensitasnya berkurang. Awan putih dan abu-abu muncul diatas permukaan gunung. Masyarakat, pengunjung, wisatawan agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah puncak," ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo, Senin (21/9/2020).

2. Besaran erupsi fluktuatif dan berkurang

Sudah Tiga Bulan, Status Gunung Raung Masih di Level WaspadaPixebay.com

Mukijo mengatakan, saat ini aktivitas erupsi Gunung Raung sudah berkurang dengan besaran hembusan yang fluktuatif dan tidak terjadi setiap hari dibandingkan saat bulan Juli lalu. Asap putih hingga berwarna abu-abu saat ini masih terpantau muncul ke permukaan.

"Saat ini masih erupsi. Asap putih hingga keabu-abuan muncul di permukaan gunung. Aktivitas seperti ini tidak setiap hari. Peningkatan juga fluktuatif," katanya.

3. Embusan asap terpantau 26 kali

Sudah Tiga Bulan, Status Gunung Raung Masih di Level WaspadaUnsplash/Yosh Ginsu

Mukijo menambahkan, data vulkanologi terkahir pada Minggu (20/9/2020) terjadi hembusan asap sebanyak 26 kali, amplitudo 1-17 mm dengan durasi 36-89 detik. Sementara tremor non-harmonik terjadi 2 kali dengan amplitudo 1-2 mm, durasi 77-78 detik.

"Pada Minggu kemarin, embusan terpantau berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 50-100 meter di atas puncak kawah," ujarnya.

Baca Juga: Gunung Raung Terbakar, 3 Orang Belum Dapat Dievakuasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya