Polres Banyuwangi Siagakan 1.200 Personel Amankan Jalur Mudik

Operasi akan berlangsung selama 13 hari

Banyuwangi, IDN Times - Menghadapi arus mudik libur lebaran Idul Fitri, Polres Banyuwangi mengerahkan 1.200 personel gabungan termasuk dari Polda Jatim dan Mabes Polri untuk pengamanan di jalur mudik dan objek pariwisata di Banyuwangi.

1. Mendirikan 24 pos pengamanan

Polres Banyuwangi Siagakan 1.200 Personel Amankan Jalur MudikIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Pihaknya bersama jajaran Forpimda Pemkab Banyuwangi telah mendirikan 24 pos pengamanan di seluruh kecamatan di Banyuwangi.

"Untuk pos-pos yang didirikan selama operasi ini berlangsung ada 24 pos pengamanan, di seluruh kecamatan di Banyuwangi. Mulai tempat-tempat seperti terminal, pelabuhan, dan obyek-obyek wisata," kata Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, usai gelar apel pasukan Operasi Ketupat Semeru di depan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Selasa (28/50).

Saat apel operasi, hadir personel dari kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, Puskesmas, dan pegawai pelabuhan.

Baca Juga: Ada Ribuan Kursi Mudik Gratis dari Banyuwangi, Begini Rinciannya

2. Pelabuhan ketapang jadi fokus pengamanan

Polres Banyuwangi Siagakan 1.200 Personel Amankan Jalur MudikIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Taufik melanjutkan beberapa objek vital yang bakal diamankan antara lain pusat penyeberangan Jawa-Bali di ASDP Pelabuhan Ketapang, termasuk bandara, terminal dan stasiun kereta api. Kemudian tempat ibadah, pasar tumpah, jalan umum rawan bencana dan pusat perbelanjaan.

"Pelabuhan Ketapang menjadi fokus pengamanan angkutan mudik dari Jawa ke Bali. Sebelum hari H kita fokus arus mudik dari Bali ke Jawa. Itu sudah kita siapkan pos-pos pengamanan dan pos pelayanan," jelasnya.

3. Berlangsung 13 hari

Polres Banyuwangi Siagakan 1.200 Personel Amankan Jalur MudikIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Operasi Ketupat Semeru bakal berlangsung serentak selama 13 hari mulai Rabu (19/5) hingga Senin 10 Juni 2019. Di tingkat nasional, obyek pengamanan meliputi 898 terminal, 379 stasiun, 592 pelabuhan, 212 bandara, 3.097 pusat perbelanjaan, 77 ribu lebih masjid, dan 3.500 Obyek wisata.

"Sebelum hari H kita fokus arus mudik dari Bali ke Jawa. Setelah hari H kita amankan arus balik," katanya.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Siapkan Layanan Kesehatan Selama Musim Mudik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya