Pilkades Serentak di Banyuwangi, Bupati Minta Warga Tetap Rukun

Pemilihan dan penghitungan suara berlangsung serentak

Banyuwangi, IDN Times - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) berlangsung serentak di 130 desa di Kabupaten Banyuwangi. Dari jumlah desa tersebut, terdapat 520 orang yang mendaftar sebagai calon kepala desa. Masing-masing calon kepala desa kali ini bertarung untuk saling beradu visi misi dan gagasan untuk memajukan desanya masing-masing.

 

1. Meski berbeda pilihan, kerukunan harus tetap dijaga

Pilkades Serentak di Banyuwangi, Bupati Minta Warga Tetap RukunIDN TImes/Istimewa

 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, meskipun berbeda dukungan calon, kerukunan harus tetap dijaga dan diutamakan. Untuk memastikan kelancaran, Anas keliling ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Banyuwangi.

“Kami ingin memastikan proses Pilkades berjalan dengan lancar dan aman. Serta semua warga yang berpartisipasi mengikuti pemilihan tetap menjaga kerukunan, meskipun berbeda pilihan,” kata Anas, Rabu (9/10).

2. Jajaran Forpimda juga ikut pantau TPS

Pilkades Serentak di Banyuwangi, Bupati Minta Warga Tetap RukunIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, beserta Kapolres AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Kepala Kejaksaan Negeri Mohamad Mikroj, dan Komandan Pangkalan Angkatan Laut Letkol Laut (P) Yulis Azz Zaenal juga melakukan pemantauan ke sejumlah TPS.

Pemantauan tersebut dilakukan di lima TPS yakni TPS 1 Desa Kabat, Kecamatan Kabat, TPS 08 Desa Rogojampi, TPS 02 Desa Sukonatar Kecamatan Srono, TPS 31 Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar dan TPS 1-5 Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari.

“Kami berharap Pilkades bisa menghasilkan para pemimpin desa yang memiliki visi untuk memajukan desanya. Tidak hanya membangun fisik desa tapi juga kualitas sumber daya manusia desa. Pilkades ini adalah bagian dari proses penting pembangunan di Banyuwangi,” harap Anas.

3. Warga antusias mencoblos

Pilkades Serentak di Banyuwangi, Bupati Minta Warga Tetap RukunIDN TImes/Istimewa

 

Sepanjang pemantauan, terlihat antusiasme warga mendatangi TPS untuk menyalurkan haknya. Seperti yang terlihat di Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari ratusan orang nampak hadir mengantre di lima TPS yang tersedia. Desa ini memiliki empat calon kepala desa yang akan dipilih oleh warga.

“Saya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mencoblos karena ini kesempatan buat saya memiliki Kades terbaik untuk desa kami,” kata Nursinta, salah seorang warga Patoman.

Baca Juga: Polres Banyuwangi Terjunkan 3.493 Personil untuk Pilkades Serentak

4. Total DPT di Banyuwangi 806 ribu orang

Pilkades Serentak di Banyuwangi, Bupati Minta Warga Tetap RukunIDN Times/Maulana

 

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Desa Azis Hamidi, pilkades kali ini diikuti sebanyak 520 orang calon kepala desa dari 130 Desa se-Banyuwangi. Dan sebanyak 806 ribu warga desa terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Ada total 1.015 TPS yang tersebar di 130 desa dari 24 kecamatan se-Banyuwangi. Warga bisa menyalurkan hak pilihnya di TPS mulai jam 07.00 pagi hingga 13.00 wib. Usai pemungutan suara proses pilkades dilanjutkan dengan penghitungan suara di TPS,” kata Azis.

Azis menambahkan, setelah proses penghitungan suara di seluruh TPS di satu desa penyelenggara rampung, tahap selanjutnya digelar rekapitulasi perolehan suara di tingkat desa. Proses rekapitulasi suara bakal digelar di sekretariat panitia pilkades tingkat desa, tepatnya di balai desa.

“Pemenangnya bisa diketahui hari ini juga, setelah proses penghitungan hasil selesai,” katanya.

Baca Juga: Indah dan Windoyo, Tiga Jam Buat Surat Braille untuk Pilkades

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya