Peserta SBMPTN di Unej Wajib Hadir Lebih Awal, Ini Syaratnya

Ada tiga peserta yang mendapat perlakuan khusus

Jember, IDN Times - Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 diwajibkan hadir satu jam sebelum pelaksanaan ujian di Universitas Jember. Sebanyak 13.826 peserta akan melakukan ujian SBMPTN mulai tanggal 17 hingga 23 Mei 2022 untuk gelombang pertama, dan gelombang kedua pada 28 Mei 2022 hingga 2 Juni 2022.

Dalam waktu satu jam, peserta harus melampaui proses pemeriksaan kelengkapan administrasi, persyaratan kesehatan serta persiapan memasuki ruang ujian.

"Tenggang waktu yang ada akan digunakan oleh panitia untuk memeriksa kelengkapan peserta," kata Wakil Rektor I, Bidang Akademik, Kemahasiswaan Universitas Jember, Prof Slamin, Jumat (13/5/2022).

1. Sejumlah syarat yang harus dipenuhi

Peserta SBMPTN di Unej Wajib Hadir Lebih Awal, Ini SyaratnyaIlustrasi ujian peserta SBMPTN di Unej. IDN Times/Dok Unej

Lebih lanjut, Slamin mengatakan, setiap sesi gelombang akan ada maksimal 615 peserta, sementara dalam satu hari pelaksanaan UTBK ada dua sesi, yakni sesi UTBK pagi dan siang.

Prosesnya, pertama peserta akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan, kemudian memasuki ruang ujian di lokasi UTBK. Di sana akan ada panitia yang akan mengarahkan peserta ke ruang transit.

Panitia lantas memeriksa kelengkapan administrasi seperti kartu peserta UTBK, identitas diri, surat keterangan lulus atau surat duduk di kelas XII bagi peserta lulusan tahun 2022 dan legalisir ijazah bagi peserta lulusan tahun 2021 dan 2020.

Sementara itu anggota Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid (TTDKBC) Universitas Jember akan memeriksa kelengkapan berkas kesehatan seperti sertifikat atau surat keterangan telah menerima vaksin booster.

Khusus bagi peserta UTBK SBMPTN yang baru menerima vaksin COVID-19 kedua maka wajib membawa hasil negatif tes swab antigen. Dan hasil negatif PCR bagi peserta yang baru menerima vaksin COVID-19 pertama atau belum pernah divaksin.

“Dari pengalaman tahun lalu, masih ada peserta yang lupa memakai sepatu. Oleh karena itu hendaknya semua peserta UTBK SBMPTN sudah mempersiapkan diri dengan baik dan datang sejam lebih awal dari jadwal ujian," terangnya.

Baca Juga: Waktu Tes Ujian UTBK SBMPTN 2022 Berubah, Cek Infonya

2. Terdapat 754 pengawas

Peserta SBMPTN di Unej Wajib Hadir Lebih Awal, Ini SyaratnyaIlustrasi ujian peserta SBMPTN di Unej. IDN Times/Dok Unej

Peserta juga tidak perlu khawatir mengenai letak lokasi ujian, sebab panitia menempatkan personil yang akan mengarahkan peserta ke masing-masing lokasi UTBK.

Di sana juga ada kendaraan yang ditempatkan di halaman auditorium Universitas Jember yang siap mengantar peserta yang tidak membawa kendaraan ke masing-masing lokasi UTBK.

Sementara bagi pengantar diharapkan segera meninggalkan lokasi UTBK seusai mengantar peserta.

Pihaknya akan mempersiapkan 754 pengawas dan 344 penanggung jawab lokasi UTBK yang akan bertugas di 25 ruang yang tersebar di 14 lokasi UTBK.

Mereka akan mengawasi 13.826 peserta yang terdiri dari 6.937 peserta kategori ujian Saintek, 5.963 peserta kategori ujian Soshum, serta 926 peserta kategori ujian Campuran.

3. Tiga peserta mendapat perlakuan khusus

Peserta SBMPTN di Unej Wajib Hadir Lebih Awal, Ini SyaratnyaIlustrasi ujian peserta SBMPTN di Unej. IDN Times/Dok Unej

Sementara itu Wakil Koordinator PKIH Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto menambahkan, dari data yang ada terdapat tiga peserta UTBK SBMPTN 2022 di Pusat UTBK Universitas Jember yang membutuhkan perlakuan khusus.

Dua orang adalah peserta kategori disabilitas daksa, dan satu peserta melaporkan telah mengalami kecelakaan sehingga memerlukan penanganan khusus.

Mereka akan mendapatkan fasilitas dan perlakuan tersendiri dari panitia sehingga diharapkan tetap dapat mengerjakan ujian dengan baik.

“Kami menghimbau kepada peserta UTBK SBMPTN 2022 yang menjalani ujian di Pusat UTBK Universitas Jember, jika memang memerlukan fasilitas tambahan segera menghubungi panitia" katanya.

 

Baca Juga: 5 Jurusan Terfavorit di Unej Pilihan Peserta SBMPTN 2022

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya