Comscore Tracker

Perebutan Batas Wisata Ijen, Banyuwangi Tunjukkan Sejumlah Bukti

Bondowoso juga mengklaim bahwa Ijen masuk ke wilayahnya

Banyuwangi, IDN Times - Destinasi wisata Kawah Ijen berada di perbatasan dua kabupaten, Bondowoso dan Banyuwangi. Hingga saat ini, kedua kabupaten memiliki versi batas daerahnya masing-masing. Bahkan, saling mengklaim bahwa destinasi wisata Kawah Ijen masuk di areanya.

Kabupaten Banyuwangi saat ini masih berupaya menguatkan sejumlah bukti ke Kementerian Dalam Negeri, agar Kawah Ijen masuk ke wilayahnya. Tidak heran, sebab Kawah Ijen menjadi salah satu destinasi wisata dengan daya tarik wisatawan mancanegara terbesar di Jawa Timur.

"Jadi hingga detik ini, belum ada penetapan terkait batas daerah di kawasan tersebut dari Kemendagri sebagai otoritas yang berhak menetapkan batas daerah," ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Festiandani, Rabu malam (30/6/2021).

1. Banyuwangi ingin Ijen sepenuhnya

Perebutan Batas Wisata Ijen, Banyuwangi Tunjukkan Sejumlah BuktiBupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam Webinar HUT ke-7 IDN Times #7agaSemangat "Investor Lokal Anak Kandung yang Perlu Didukung" pada Selasa (15/6/2021). (IDN Times/Besse Fadhilah)

Menurut Ipuk, Banyuwangi dokumen yang dikirim ke Kemendagri lengkap dengan peta zaman kolonial Belanda.

"Jadi begini, pertama, saya jelaskan bahwa kami sudah kirim surat ke Kemendagri, bahwa kita tetap ingin Ijen sepenuhnya masuk Banyuwangi. Saat ini juga kita akan susulkan surat tambahan dengan argumentasi-argumentasi yang detail ke Kemendagri, yang intinya kita ingin Ijen tetap sepenuhnya masuk Banyuwangi, bukan 1/3 daerah lain dan 2/3 Banyuwangi meskipun itu tetap lebih besar Banyuwangi,” ujarnya.

Ipuk mengatakan, tim Pemkab Banyuwangi juga sudah bertemu dengan tim Kemendagri pada pertengahan Juni 2021 di Jakarta. Kemendagri pun akan kembali melakukan mediasi.

”Soal diplomasi dan argumentasi teknisnya, kita tidak ingin perang di media dengan instansi pemerintah lain. Intinya, belum ada penetapan Kemendagri terkait itu,” ujarnya.

2. Ipuk mengaku sudah menyiapkan berbagai langkah pengembangan Ijen

Perebutan Batas Wisata Ijen, Banyuwangi Tunjukkan Sejumlah BuktiIDN TImes/Reza Iqbal

Meski belum ada penetapan batas wilayah, Ipuk mengaku telah melakukan upaya-upaya pengembangan Ijen. Kementerian PUPR melalui BBWS Brantas akan membangun fasilitas air bersih sehingga pengunjung makin nyaman. Selama ini salah satu yang dikeluhkan pengunjung saat mengunjungi Kawah Ijen yakni air bersih yang terbatas,

“Belum lama ini, kami bertemu dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas untuk penyediaan air bersih di kawasan Paltuding (kaki Gunung Ijen). Nah ini sudah mulai ada solusi, tahun ini digarap BBWS Brantas,” jelas Ipuk.

Baca Juga: Kades di Bondowoso Ditangkap atas Kasus Alih Fungsi Lahan Hutan Ijen

3. Ada sejumlah bukti otentik yang menguatkan Banyuwangi

Perebutan Batas Wisata Ijen, Banyuwangi Tunjukkan Sejumlah BuktiIDN Times/Reza Iqbal

Kepala Bagian Pemerintahan Banyuwangi Nurhadi mengatakan, pada tanggal 16 Juni 2021, mereka telah bertemu dengan Kemendagri di Jakarta. Hasil pertemuan itu menyatakan akan ada mediasi kembali.

“Semua belum final. Belum ada penetapan Mendagri terkait penetapan batas daerah tersebut,” ujarnya.

Dia memaparkan sejumlah dokumen otentik yang menjadi acuan dalam upaya bahwa Kawah Ijen masuk Banyuwangi. Sejumlah peta yang diserahkan oleh Pemkab Banyuwangi antara lain: 

  • Residen Besoeki Afdeling Banyuwangi 1895
  • Java Resn Besoeki 1924 Blad XIIIC (Pengukuran 1917 - 1918 dan 1922)
  • Java Resn Besoeki 1924 Blad LXXXVIII B (Alg.No. XVIII-58B) (Pengukuran 1917 – 1918)
  • Peta Idjen Hoogland 1920 (Pengukuran Dinas Topografi Belanda 1917 – 1918)
  • Java Resn Besoeki 1925 Blad XCIV A (Pengukuran  1920 dan 1922)
  • Java & Madura 1942 Sheet No 59/XLIII-A, US Army Map Service
  • Peta Water Suplly Banyuwangi 1945
  • Jaaverslag Van Den Topographischen Dienst in Nederlandsch-Indie.

”Juga ada bukti-bukti lain yang sudah kami serahkan,” ujarnya.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Ijen dan Taman Nasional Baluran Bisa Naik Damri Gratis

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya