Comscore Tracker

Pelukis Difabel Ini Terharu Karyanya Ada di Nisan Didi Kempot

Ia memberikan karya itu Desember tahun lalu

Banyuwangi, IDN Times - Achmad Rizki Fauzi (21), pelukis difabel asal Kelurahan Lateng, Kabupaten Banyuwangi mengaku kaget dan terharu setelah mengetahui karyanya turut mengantarkan ke samping nisan pusara musisi Didi Kempot yang meninggal dunia pada Selasa (5/5).

Rizki memberikan lukisan sketsa wajah Didi Kempot secara langsung saat The Godfather of The Brokenheart tampil memeriahkan acara hari jadi Banyuwangi pada 18 Desember 2019.

"Saya memberikannya di tanggal 19 Desember 2019. Sehari setelah beliau (Didi Kempot) manggung di Banyuwangi," kata Rizki saat dihubungi via telepon, Kamis (7/5).

1. Tak menyangka karyanya jadi pengantar sang Maestro ke pusara

Pelukis Difabel Ini Terharu Karyanya Ada di Nisan Didi KempotRizki saat memberikan lukisan sketsa wajah ke Didi Kempot. IDN Times/Istimewa

Rizki mulanya tidak tahu bahwa lukisan yang diberikan sangat berarti bagi Didi Kempot,. Bahkan, lukisan itu menemaninya di tempat peristirahatan terakhir. Ia mengaku baru tahu setelah teman-temannya mengirim karyanya yang ramai di media via telepon.

"Karena saya jarang lihat televisi. Saya belum tahu kalau pakai gambar saya. Saya tahunya setelah waktu buka puasa, dikirim foto sama teman. Kemudian saya menangis, ternyata beliau sayang sama karyaku, sampai plastik yang ada di pigora pun belum terlepas," katanya.

2. Pelukis Disabilitas yang Produktif

Pelukis Difabel Ini Terharu Karyanya Ada di Nisan Didi KempotRizki saat melukis di Kampung Nelayan Pulau Santen Banyuwangi. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Rizki merupakan pelukis muda di Banyuwangi yang produktif. Meskipun secara fisik Rizki terlahir tanpa jemari di kedua tangan dan kakinya, dia bisa menunjukkan bahwa bisa berkarya tanpa batas dan manusia harus bangkit menunjukkan potensi dirinya.

Rizki sendiri membuat lukisan Didi Kempot karena dia sangat mengagumi perjalanan karir The Godfather of The Brokenheart.

"Karena beliau (Didi Kempot) adalah sosok yang menginspirasi saya, jika kita terjatuh maka kita harus bangkit. Beliau karirnya pernah jatuh dan bangkit kembali," katanya.

Rizki melukis dengan cara mengapit kuas dengan kedua telapak tangannya. Hobinya tersebut rutin dia latih setiap pulang dari sekolah. Karya-karyanya pun mulai dikenal lewat komunitas Doodle Art, membuat pesanan gambar di dinding kafe hingga aktif membuat gambar gambar tokoh Indonesia.

3. Sering memberikan sketsa wajah ke tokoh

Pelukis Difabel Ini Terharu Karyanya Ada di Nisan Didi KempotSuasana pemakaman almarhum Didi Kempot, IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sebagian gambar gambar tersebut diberikan langsung oleh Rizki kepada para tokoh saat mampir ke Banyuwangi seperti Vincent, Desta, Yura Yunita, Anji Drive, dan tentunya Didi Kempot.

Karya karyanya kemudian diunggah di media sosialnya @Riss_kei dan di YouTube Risskei dengan pengikut mencapai ribuan.

"Saat bertemu dengan beliau (Didi Kempot) orangnya ramah, memberi nasihat semangat hidup pada Rizki, beliau membawa kharisma, orang baik," katanya.

Baca Juga: Setia Mendampingi, 10 Potret Yan Vellia Istri Didi Kempot

4. Ingat selalu pesan Didi Kempot

Pelukis Difabel Ini Terharu Karyanya Ada di Nisan Didi KempotInstagram.com/didikempot.official_

Dalam video pertemuan Rizki dengan Didi Kempot saat menyerahkan lukisan, Didi terlihat menyampaikan pesan.

"Ini adalah karya dari Rizki. Rizki menunjukkan bahwa semangat itu ada. Betul betul berpotensi. Dia pantang menyerah dalam segala kondisi. Ya Tuhan kasih ternyata bisa menghasilkan lukisan yang sangat luar biasa. Gambar saya dibikin sama si Rizki. Terimakasih. Sukses buat kamu, karena semangat Anda, bisa memotivasi teman yang lain. Ini saya terima, luar biasa," kata Didi Kempot.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Ini Deretan Prestasi Didi Kempot Semasa Hidup

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya