Comscore Tracker

Optimisme Batik Air Saat Buka Penerbangan Jakarta - Banyuwangi

Batik Air menambah daftar penerbangan ke Jakarta

Banyuwangi, IDN Times - Maskapai penerbangan Batik Air resmi membuka rute penerbangan baru Jakarta-Banyuwangi, Rabu (19/12). Masuknya Batik Air di Bandara Banyuwangi menambah jumlah penerbangan Jakarta-Banyuwangi, yang sebelumnya sudah diisi maskapai Garuda Indonesia, NAM Air (Sriwijaya Air Group), dan Citilink.

1. Penerbangan perdana okupansi sudah penuh

Optimisme Batik Air Saat Buka Penerbangan Jakarta - BanyuwangiIDN Times/Istimewa

Direktur Utama Batik Air, Capt. Achmad Luthfie, mengaku optimis Batik Air bisa konsisten mendapatkan okupansi penumpang yang penuh. Sesuai perhitungan awalnya, pasar untuk penerbangan Jakarta-Banyuwangi masih terbuka, meski sebelumnya lebih dahulu telah dilayani maskapai lain.

"Ini baru penerbangan perdana sudah penuh, jadi ini jarang sekali. Biasanya harus menunggu dua atau tiga bulan baru bisa sattle," ujar Luthfie saat launching penerbangan perdana Batik Air di Bandara Banyuwangi.

2. Menyasar pasar dengan pelayanan full service

Optimisme Batik Air Saat Buka Penerbangan Jakarta - BanyuwangiIDN Times/Humas Pemkab Banyuwangi

Luthfie mengatakan maskapai Batik Air di Banyuwangi akan mempertahankan track record yang sudah dikenal dengan kedisiplinan waktu. Apalagi, Batik Air merupakan layanan penerbangan premium dari Lion Air Grup.

"Segmennya untuk full service. Beda kalau Lion Air berbayar murah, low cost, kalau kami yang full service. Saya yakin okupansinya bagus, kami ada itungannya juga, ada risetnya" katanya

Maskapai Batik Air menawarkan pelayanan premium services berkonsep pre-flight, in-flight, serta post-flight.

"Selain itu, kami juga menawarkan koneksi perjalanan yang bisa memudahkan dalam mewujudkan impian para pebisnis dan wisatawan," imbuhnya. 

3. Melayani penerbangan pulang pergi setiap hari

Optimisme Batik Air Saat Buka Penerbangan Jakarta - Banyuwangiinipasti.com

Penerbangan Batik Air ini dimulai dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang, menggunakan pesawat Airbus 320 berkapasitas 144 kursi. Pesawat tersebut berangkat dari Jakarta pukul 08.35 WIB dan tiba di Bandara Banyuwangi pukul 10.05 WIB.

Sementara jadwal dari Banyuwangi, pesawat terbang pukul 11.05 WIB, dan tiba di Jakarta pukul 12.45 WIB. Luthfie menambahkan, pihaknya telah membahas untuk membuka penerbangan ke kota lain dari dan ke Banyuwangi. Sementara penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi sendiri merupakan jalur konektivitas kota yang ke 38 di Indonesia.

"Nanti pasti akan nambah frekwensi. Kami akan nambah buka ke kota lainnya, dari Banyuwangi atau sebaliknya," jelasnya.

4. Akan buka rute ke Denpasar

Optimisme Batik Air Saat Buka Penerbangan Jakarta - Banyuwangikabarmanado.com

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menyampaikan rencana pembukaan ke kota lain direncanakan bisa terhubung dengan Denpasar.

"Tadi berbisik membuka rute kota lain, rencananya ke Denpasar," ujar Anas.

Dari penerbangan ini, dia berharap kunjungan wisatawan ke Banyuwangi semakin bertambah. Apalagi di hari yang sama juga telah dibuka rute penerbangan internasional, Kuala Lumpur-Banyuwangi.

"Semoga Banyuwangi lebih ramai, kulinernya tambah laku, homstaynya penuh," jelasnya.

5. Sudah ada 10 penerbangan dalam sehari di Banyuwangi

Optimisme Batik Air Saat Buka Penerbangan Jakarta - Banyuwangiinipasti.com

Dengan bertambahnya penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi oleh Batik Air dan rute Kuala Lumpur-Banyuwangi dengan Citilink, saat ini total penerbangan di Banyuwangi sudah mencapai 10 kali dalam sehari.

Detailnya, enam kali dari Jakarta oleh Citilink, Garuda Indonesia, Nam Air, dan Batik Air. Tiga kali dari Surabaya oleh Wings Air dan Garuda Indonesia. Serta, satu penerbangan internasional dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat ini, jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi sendiri melonjak hampir 1.700 persen dari 7.836 orang pada 2010 menjadi 140.683 orang pada 2017, dan sudah tembus 307.157 orang hingga Oktober 2018. 

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You