Comscore Tracker

Muncul Kilatan Cahaya di Atas Gunung Raung, PPGA: Terekam Hanya Sekilas

Aktivitas Gunung Raung masih belum ada peningkatan

Banyuwangi, IDN Times - Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung menerima laporan dari masyarakat Sumberwringin, Kalibaru dan sekitarnya terkait suara dentuman di kawasan Gunung Raung pada Jumat malam.

1. Muncul cahaya aneh

Muncul Kilatan Cahaya di Atas Gunung Raung, PPGA: Terekam Hanya SekilasGunung Raung. Instagram.com/raungcamp

Mendapat laporan tersebut, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo kemudian memeriksa rekaman CCTV dan seismograf aktivitas vulkanik Gunung Raung. Hasilnya, aktivitas kegempaan tidak ditemukan adanya peningkatan.

Namun, pihaknya menemukan kilatan cahaya memanjang seperti tombak yang terekam di kamera CCTV. Pihaknya tidak bisa memastikan sumber cahaya tersebut, namun memastikan tidak berhubungan dengan aktivitas Gunung Raung.

"Kami sendiri tidak mendengar (dentuman). Cahaya itu terekam di kamera CCTV tapi hanya sekilas sekali, hanya satu frame. Jadi tidak jelas arahnya kemana, gerakannya seperti apa, jadi tidak bisa memastikan benda apa. Yang jelas itu tidak berkaitan dengan aktivitas Gunung Raung," ujar Mukijo saat dihubungi, Sabtu (5/6/2021).

2. Tidak berkaitan dengan Gunung Raung

Muncul Kilatan Cahaya di Atas Gunung Raung, PPGA: Terekam Hanya SekilasDokumen Erupsi Gunung Raung. IDN Times/Istimewa

Dari rekaman CCTV, kilatan cahaya tersebut tampak besar dan berwarna kekuningan. Rekaman satu frame tersebut terjadi pada pukul 19.50 WIB. PPGA kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada BPBD Banyuwangi jelang tengah malam, sebagai laporan kepada masyarakat.

"Kalau dari aktivitas kegempaan Gunung Raung sendiri tidak ada yang menonjol, sebelum dan setelahnya (peristiwa kilatan cahaya) itu tidak ada," kata katanya.

Baca Juga: Hari Ini Gunung Raung Sudah Normal Setelah 4 Bulan Berstatus Waspada

3. Masih level waspada

Muncul Kilatan Cahaya di Atas Gunung Raung, PPGA: Terekam Hanya SekilasErupsi Gunung Raung mengalami peningkatan pada hari ini, Minggu (7/2/2021). IDN Times/Istimewa

Sementara itu, status Gunung Raung sendiri saat ini masih di level II (waspada) sejak Kamis, 21 Januari 2021. Status tersebut dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM setelah terjadi erupsi dengan embusan gas berwarna kelabu setinggi 100-400 meter dari atas kawah.

"Kami kirim foto itu untuk menjawab dari masyarakat sekitarnya. Posisi kami itu saja, untuk menjawab bahwa suara dentuman yang terdengar waktu itu bukan berasal dari aktivitas Gunung Raung," jelasnya.

Baca Juga: Kilatan Cahaya Disebut dari Gunung Raung, PPGA: Itu Tidak Benar  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya