Comscore Tracker

Masuki Hari Kedua, Pencarian 4 Nelayan Banyuwangi Belum Ditemukan

Ombak tinggi, pencarian hanya di pesisir

Banyuwangi, IDN Times - Memasuki hari kedua, pencarian 4 nelayan yang hilang di perairan Plengkung, Kabupaten Banyuwangi masih belum ditemukan. Pada hari kedua pencarian, Tim SAR gabungan masih menyisir kawasan pantai selatan Jawa karena ombak tinggi 4-6 meter.

Sebelumnya sebuah perahu pencari ikan asal Kecamatan Muncar yang membawa 10 orang nelayan tenggelam di perairan Plengkung, selatan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi pada Senin (2/8/2021). Empat orang nelayan di antaranya berhasil menyelamatkan diri ke tepian dengan berenang menggunakan alat seadanya.

1. Pencarian 4 orang masih nihil

Masuki Hari Kedua, Pencarian 4 Nelayan Banyuwangi Belum DitemukanDua orang nelayan yang berhasil selamat. IDN Times/Istimewa

Kemudian pada Selasa (3/8/2021) dua nelayan lain berhasil diselamatkan oleh nelayan setempat yang sedang melaut pada 07.30 WIB. Sehingga, enam orang nelayan berhasil selamat, sementara empat lainnya belum ditemukan.

"Untuk pencarian hari kedua sampai sore ini hasil dua korban tadi yang diketemukan, selebihnya tidak ada lagi. Sampai dengan pukul 17.00 WIB pencarian dan pertolongan dengan hasil nihil," ujar Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi, Selasa sore (3/8/2021).

Baca Juga: Heboh! Pantai Grajagan Banyuwangi Keluarkan Air Serupa Darah

2. Pencarian terkendala ombak tinggi

Masuki Hari Kedua, Pencarian 4 Nelayan Banyuwangi Belum DitemukanEmpat ABK nelayan Muncar yang selamat. IDN Times/Istimewa

Selama proses pencarian, tim SAR gabungan terkendala cuaca buruk dan tidak berani menurunkan perahu. Pencarian sementara dilakukan dengan menyisir kawasan pantai.

"Dan untuk pencarian hari ini hanya penyisiran di pinggir pantai Plengkung dan Grajagan
Tidak turun memakai perahu dikarenakan kondisi ombak cukup tinggi dan posko SAR gabungan juga pindah ke Pelabuhan Grajagan," katanya.

Berdasarkan data BMKG, kondisi cuaca berawan dengan ketinggian gelombang 4 - 6 meter dan kecepatan angin mencapai 10 - 18 knot ke sisi timur.

3. Lanjutkan pencarian hari ketiga

Masuki Hari Kedua, Pencarian 4 Nelayan Banyuwangi Belum DitemukanEmpat ABK nelayan Muncar yang selamat. IDN Times/Istimewa

Hari ini, memasuki pencarian hari ketiga, tim SAR gabungan bakal melanjutkan pencarian pukul 07.00 WIB. Sejumlah tim gabungan yang terlibat dalam pertolongan antara lain, Polairud Grajagan, Pos AL Muncar, Polsek Tegaldlimo, Koramil Tegaldlimo, BPBD Banyuwangi 3, dan relawan dari Mapala, Rapi dan sejumlah warga.

"Pukul 17.30 WIB melaksanakan evaluasi, operasi pencarian dan pertolongan dilanjutkan besok tanggal 4 Agustus pukul 07.00 WIB," ujarnya.

Sementara untuk data korban, dari 10 orang yang sudah ditemukan selamat yakni Budi, Andi Hadi, Mulyono, Sugianto, Endik, dan Haris. Keenam nelayan merupakan warga Palodem, Desa Tembokrejo, Muncar.

Sementara 4 anak buah kapal yang belum ditemukan yakni Dul, Habibi, Erman dan Muhamad Efendi.

Baca Juga: Dua Lagi Korban Nelayan Hilang di Banyuwangi Ditemukan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya