Kemenhub Akan Duplikasi Terminal Terpadu Banyuwangi di Toba

Kemenhub akan mendukung pengembangan terminal wisata terpadu

Banyuwangi, IDN Times - Direktur Jendral Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi tertarik dengan konsep terminal wisata terpadu yang sedang di bangun di Kabupaten Banyuwangi.

 

1. Memadukan terminal dan tempat belanja

Kemenhub Akan Duplikasi Terminal Terpadu Banyuwangi di TobaIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Konsep tersebut memadukan sebuah terminal yang akan dilengkapi Tourist Information Centre (TIC), kios oleh-oleh, terminal pusat transportasi menuju tempat pariwisata, dormitory, kios dan los pasar. Termasuk kafe, musala dan counter agen perjalanan wisata.

"Di kementerian, kami mengenal konsep terminal itu hanya terminal kelas A, B atau C. dan terminal Barang. Belum terpikir sampai ada terminal terpadu seperti ini. Ini sangat penting dan inovatif,” jelas Budi saat mengunjungi terminal wisata terpadu, Selasa (15/1).

Baca Juga: Ikuti Kebijakan INACA,Tarif Pesawat Rute Jakarta-Banyuwangi Diturunkan

2. Ingin mengadopsi untuk Danau Toba

Kemenhub Akan Duplikasi Terminal Terpadu Banyuwangi di TobaIDN Times/Istimewa

 

Saat mengunjungi, Budi juga tertarik membicarakan inovasi tersebut ke pemerintah pusat agar bisa diterapkan di daerah wisata Danau Toba. Pihaknya juga Budi siap mendukung  terminal wisata terpadu Banyuwangi ini. 

"Kami akan mencoba untuk membicarakannya di pusat. Inovasi ini sepertinya penting untuk diterapkan di daerah wisata, seperti halnya di danau Toba,” ujarnya.

Budi juga menyatakan siap mendukung pengoperasian terminal wisata terpadu ini.  Misalnya bila Banyuwangi butuh kendaraan bus untuk angkutan wisata untuk terminal ini. 

"Minimal ada Damri untuk support mengangkut wisatawan," katanya.

3. Target selesai akhir 2019

Kemenhub Akan Duplikasi Terminal Terpadu Banyuwangi di TobaIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Terminal wisata terpadu mulanya merupakan pasar tradisional yang tidak digunakan di lahan seluas satu hektar. Pada tahun 2017, terminal tersebut mulai dibangun dengan konsep arsitektur go green.

"Targetnya akhir 2019 sudah bisa selesai. Tentu, kita memiliki keterbatasan dalam mengelola terminal ini. Untuk itu, ke depannya, semua pihak, terlebih dari Pak Dirjen bisa ikut serta berkolaborasi mengembangkan daerah. Seperti halnya mempersiapkan operasional kendaraannya kelak," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Turun, Yuk Main ke 9 Pantai Menawan di Banyuwangi!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya