Kampanye Gizi, Puluhan Ribu Tusuk Sate Dibagikan di Banyuwangi

Ingatkan pentingnya konsumsi protein hewani bagi generasi

Banyuwangi, IDN Times - Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Banyuwangi membagikan puluhan ribu tusuk sate, telur serta ratusan liter susu kepada masyarakat melalui pagelaran Tamansuruh Farm Festival (TFF). Acara tersebut digelar untuk kampanye pentingnya mengkonsumsi protein dan gizi.

 

1. Acara makan daging dan minum susu sepuasnya

Kampanye Gizi, Puluhan Ribu Tusuk Sate Dibagikan di BanyuwangiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

TFF yang baru digelar pertama kali ini pun berlangsung meriah. Mengangkat tema Nyusu Sakgentong, Nyate Sakgebok (minum susu satu gentong, makan sate sebanyak-banyaknya), ribuan sate ayam dan kambing dihidangkan ke seluruh pengunjung. Mereka berebut puluhan ribu sate yang ditusukkan di puluhan batang pisang yang dijejer oleh panitia.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa merasakan kesegaran susu sapi olahan dan sapi murni yang dihidangkan dalam sebuah gentong yang diletakan di sejumlah area. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, hampir 400 liter.

2. Kampanyekan pentingnya protein hewani

Kampanye Gizi, Puluhan Ribu Tusuk Sate Dibagikan di BanyuwangiIDN Times/Istimewa

 

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan, Banyuwangi, Arief Setiawan menjelaskan bahwa event ini dilakukan agar konsumsi protein hewani warga Banyuwangi bisa meningkat. Salah satu cara yang ditempuh pihaknya adalah dengan menggelar kampanye edukatif yang sifatnya atraktif.

"Kami gelar di tempat yang sejuk dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Harapannya agar anak-anak dan orang tua bisa sadar akan pentingnya protein hewani bagi perkembangan tubuh," kata Arief, Selasa sore (22/10).

3. Digelar di tempat sejuk

Kampanye Gizi, Puluhan Ribu Tusuk Sate Dibagikan di BanyuwangiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Acara tersebut dihadiri ribuan anak-anak SD. Mereka turut menikmati lebih dari sepuluh ribu tusuk sate bareng dengan pengunjung lainnya. Mereka dengan gembira menikmati sate yang ditusukkan di sejumlah batang pohon pisang.

Mereka juga disuguhkan telur dan sosis, hingga minum susu yang bahannya didapat dari peternakan yang ada di sekitar Banyuwangi. Selain mendapatkan susu botol, mereka juga bisa menikmati susu sapi dengan aneka rasa yang disediakan di gentong-gentong.

Kampanye makanan bergizi tersebut, digelar di Agrowisata Tamansuruh, Kecamatan Glagah. Salah satu lokasi wisata edukasi yang berada di dataran tinggi 500 mdpl kaki Gunung Ijen, lahan ini luasannya mencapai 10,6 hektare.

Dari lokasi tersebut, para pengunjung disuguhkan pemandangan khas pegunungan Gunung Ijen dan Selat Bali dari ketinggian. Menambah keindahan kawasan ini yang menampilkan ratusan jenis tanaman pertanian yang ditata dengan cantik. 

Semua tanaman di lahan ini ditanam dari bibit hingga tumbuh besar bahkan berbuah sejak tiga bulan terakhir.

“Di area ini, juga ada area farm. Pengunjung bisa melihat aneka hewan ternak selain keindahan bunga dan tanaman yang ada," kata Arief. 

Baca Juga: Rasanya Juara, Ini 7 Sate Padang di Medan yang Bikin Nagih

4. Asupan protein penting bagi pertumbuhan anak

Kampanye Gizi, Puluhan Ribu Tusuk Sate Dibagikan di BanyuwangiIDN Times/Istimewa

 

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar menjelaskan bahwa acara ini dihelat sebagai bentuk kampanye kepada masyarakat untuk rajin mengkonsumsi protein hewani. Mulai dari telur, daging hewan ternak, hingga susu.

"Ini adalah kampanye gerakan minum susu, makan daging dan telur pada masyarakat, terutama anak-anak. Asupan protein ini sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak," kata Anas.

Selain itu, acara tersebut juga  upaya  untuk mempromosikan potensi hewan ternak Banyuwangi.

"Banyuwangi juga dikenal dengan keunggulan ternaknya. Seperti sapi yang bahkan memasok pasar luar Banyuwangi, juga ada kambing etawa yang susunya bisa kita nikmati di sini," kata Anas.

Baca Juga: Azwar Anas Minta Penerusnya Miliki Beberapa Kriteria Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya