Comscore Tracker

Jalan Rusak 1000 Kilometer di Jember Mulai Diperbaiki

Jalan rusak telah memakan korban jiwa

Jember, IDN Times - Perbaikan jalan rusak di Kabupaten Jember yang mencapai 1.080 kilometer akan mulai dijalankan bulan ini. Perbaikan jalan yang bakal menelan biaya sekitar Rp1 triliun ini telah memasuki tahap tender mega proyek hingga Juli 2021. Sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang pengaspalan mulai uji coba kualitas.

1. Mulai buka tender proyek

Jalan Rusak 1000 Kilometer di Jember Mulai DiperbaikiPerbaikan jalan raya di Kabupaten Jember. IDN Times/Istimewa

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, untuk proyek skala kecil (tanpa lelang) seperti penunjukan langsung, sudah mulai dikerjakan pekan depan.

"Bulan ini mulai tender. Penunjukan langsung Minggu depan langsung dikerjakan. Bulan depan, jalan di Jember sudah lebih bagus," kata Hendy saat berbincang dalam program live instagram Sapa Indonesia by IDN Times, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Festival Jember Kota Cerutu Digelar Juli, Undang 13 Negara

2. Akibat tidak adanya APBD dua tahun lalu

Jalan Rusak 1000 Kilometer di Jember Mulai DiperbaikiPerbaikan jalan raya di Kabupaten Jember. IDN Times/Istimewa

Hendy mengatakan, banyaknya jalan rusak di Jember diakibatkan tidak adanya APBD Jember selama dua tahun berturut-turut pada periode sebelumnya, sejak 2019. Kondisi tersebut terjadi akibat kurangnya kerjasama antara legeslatif dan eksekutif.

"Jalan rusak di Jember, kami tidak punya APBD 2 tahun 2019, 2020. Akibatnya tidak ada pemeliharaan infrastruktur bagus, ini karena eksekutif dan legislatif tidak sinkron. Dampaknya banyak jalan berlubang di Jember. Dan Alhamdulillah sekarang kami punya, karena dasar pembangunan itu," kata Hendy.

Proyek perbaikan jalan di Jember kali ini menjadi prioritasnya. Perbaikan dilakukan secara bertahap, diutamakan jalan poros menuju destinasi pariwisata.

"Jadi prioritas yang lebih prioritas adalah perbaikan infrastruktur, jalan 1000 kilometer, dan itu rusak semua, bukan mau gagah gagahan ini. Kami ingin kembalikan hak masyarakat jember, termasuk arah wisata," katanya.

3. APBD 50 persen untuk belanja infrastruktur

Jalan Rusak 1000 Kilometer di Jember Mulai DiperbaikiBupati Jember Hendy Siswanto. IDN Times/Istimewa

Hendy mengatakan, APBD Jember saat ini mencapai Rp 4,4 triliun. Dari jumlah tersebut, 50 persen digunakan untuk belanja daerah seperti gaji pegawai, sisanya untuk sektor pendidikan dan kesehatan. Untuk perbaikan infrastruktur seperti jalan raya, pihaknya mengalokasikan Rp1 triliun.

Hendy mengatakan, perbaikan infrastruktur jalan menjadi prioritas utama karena banyak laporan warga yang meninggal akibat jatuh melintas di jalan rusak.

"Untuk infrastruktur lebih dikedepankan dibanding misal lingkungan hidup, karena tidak cukup. Karena gara gara lubang banyak korban meninggal di Jember ini, jatuh meninggal," katanya.

Perbaikan infrastruktur, juga diperkuat dari anggaran pemerintah provinsi dan pusat.

"Kami juga minta kirim surat gubernur, kementrian, bukan hanya dari APBD jember saja, tapi juga APBD dari Jatim dan Pusat," tambahnya.

Baca Juga: Muncul Klaster Keluarga, Jember Terapkan PPKM Ketat di Zona Kuning

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya