Comscore Tracker

Imbas Corona, Daop 9 Jember Kurangi 4 Perjalanan Kereta Api

Ketentuan berlaku mulai 1 April 2020.

Jember, IDN Times -  PT KAI Daop 9 Jember mengurangi jumlah perjalanan kereta api yang berangkat dari wilayah operasinya. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat sesuai dengan arahan pemerintah dalam rangka menekan penyebaran virus corona.

1. Daftar KA yang dikurangi

Imbas Corona, Daop 9 Jember Kurangi 4 Perjalanan Kereta ApiPenumpang kereta di Stasiun Banyuwangi. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Vice President PT KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah mengatakan, rincian perjalanan KA yang dikurangi antara lain KA 184 - Mutiara Timur Siang relasi Ketapang Banyuwangi - Surabaya Gubeng dengan jadwal keberangkatan pukul 09.00 WIB. Kemudian KA 297 - Logawa relasi Jember - Purwokerto dengan jadwal keberangkatan pukul 05.45 WIB.

Kemudian KA 460 -Pandanwangi relasi Ketapang Banyuwangi - Jember dengan jadwal keberangkatan pukul 09.30 WIB dan KA 461 - Pandanwangi relasi Jember - Ketapang dengan jadwal keberangkatan pukul 14.00 WIB

“Jadwal yang kami batalkan adalah KA yang memiliki jadwal atau KA alternatif sehingga penumpang memiliki pilihan jadwal keberangkatan lain jika tetap memutuskan untuk berangkat,” kata Agus, Kamis (26/3).

2. Berlaku mulai 1 April 2020

Imbas Corona, Daop 9 Jember Kurangi 4 Perjalanan Kereta ApiIlustrasi Cara Menangani Wabah Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari 4 perjalanan Kereta Api (KA) yang dikurangi, ketentuan tersebut berlaku berlaku mulai 1 April 2020.

"PT KAI Daop 9 Jember mengurangi sebanyak 4 perjalanan KA yang berangkat dari wilayah kami. Pengurangan tersebut akan diberlakukan mulai 1 April 2020,” ujar Agus.

Terkait penumpang yang sudah memiliki tiket KA tersebut pada periode 1 - 30 April, PT KAI Daop 9 akan menghubungi penumpang melalui Contact Center KAI 121 terkait informasi pembatalan perjalanannya.

“Kami akan mengembalikan bea secara penuh 100% secara tunai. Pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain yang melayani penjualan atau pembatalan tiket. Pada wilayah Daop 9, ada 17 stasiun yang melayani proses pengembalian,” jelas Agus.

3. Menjalankan protokol pencegahan COVID-19

Imbas Corona, Daop 9 Jember Kurangi 4 Perjalanan Kereta ApiIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Agus menegaskan meskipun terdapat pengurangan jadwal kereta api, KAI tetap memberikan pelayanan kepada penumpang yang membutuhkan transportasi kereta api dengan segala protokol pencegahan virus corona.

Penumpang juga dapat menghubungi _Contact Center_ 121 melalui telepon ke 021-121, email cs@kai.id atau sosial media @KAI121 untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait perjalanannya.

“Kami mohon maaf atas pengurangan perjalanan KA ini. Semoga kebijakan ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, agar penyebaran virus corona dapat dicegah,” ujarnya.

Baca Juga: Hindari Kelangkaan Stok, PMI Jember Turunkan Dua Bus Donor Darah

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya