Hingga Sore, Tiga Kali Gempa di Bali Kembali Dirasakan di Banyuwangi

Gempa tidak berpotensi tsunami

Banyuwangi, IDN Times - Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 berpusat di kilometer 161 barat daya Jembrana Bali kembali dirasakan warga Kabupaten Banyuwangi, Senin sore (12/8), tepatnya pada pukul pada pukul 15.31 WIB. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut dirasakan di Banyuwangi dan di Jember dengan level 3. 

1. Tercatat tiga kali gempa guncang Banyuwangi

Hingga Sore, Tiga Kali Gempa di Bali Kembali Dirasakan di Banyuwangi(Ilustrasi gempa bumi) IDN Times/Sukma Shakti

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis dalam pada hari ini sudah terdapat tiga kali gempa, dua kali pada pagi hari dan sore hari satu kali. Meski demikian warga yang tinggal di kawasan Muncar merasakan getaran sebanyak 4 kali hingga sore ini.

"Yang pagi tadi sekitar jam 5 kerasa kencang dua kali, kemudian dhuhur tadi sama barusan kerasa lagi sangat kencang," kata Nailul salah satu warga Muncar yang langsung keluar rumah saat gempa terjadi.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4,9 Bali, Warga Banyuwangi Panik Keluar Rumah

2. Ketiganya tak berpotensi tsunami

Hingga Sore, Tiga Kali Gempa di Bali Kembali Dirasakan di BanyuwangiIDN Times/Arief Rahmat

BMKG sendiri mencatat, gempa pertama magnitudo 4,9 terjadi pada pukul 05.08 WIB di kilometer 59 arah barat daya Jembrana Bali dengan kedalaman gempa 82 kilometer.

Kemudian pada pukul 05.51 WIB, kurang dari satu jam, gempa susulan berkekuatan magnitudo 5,0 terjadi di kilometer 181 barat daya Jembrana Bali dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa terjadi di laut Samudera Hindia dan tidak berpotensi terjadi tsunami.

3. Sempat membuat warga panik

Hingga Sore, Tiga Kali Gempa di Bali Kembali Dirasakan di BanyuwangiIDN Times/Arief Rahmat

Gempa pertama, berkekuatan magnitudo 4,9 yang terjadi pada pukul 05. 08 WIB membuat warga berhamburan keluar rumah.

"Tadi habis salat Subuh terdengar jendela bergetar, suara di atap juga berderik, goncangannya cukup kuat akhirnya saya langsung lari keluar rumah," kata Irul salah satu warga di Muncar, Banyuwagi, Senin (12/8).

Baca Juga: Gempa Susulan Magnitudo 5.0 di Bali Kembali Terasa di Banyuwangi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya