Comscore Tracker

Gunung Raung Kembali Erupsi, PVMBG Naikkan Status Waspada

Masyarakat diminta jaga jarak aman 2 kilometer

Banyuwangi, IDN Times - Gunung Raung yang berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo kembali mengalami erupsi. Gunung tersebut mengeluarkan gas berwarna kelabu setinggi 100-400 meter dari atas kawah sejak pukul 00.06 WIB, Kamis (21/1/2021). Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung mencatat, hingga pukul 12.00 WIB, terjadi 53 kali tremor dan 19 kali gempa hembusan.

1. Naik level waspada

Gunung Raung Kembali Erupsi, PVMBG Naikkan Status WaspadaPeta kawasan rawan bencana di Gunung Raung. IDN Times/Istimewa

Melihat frekuensi aktivitas yang kian tinggi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kemudian menaikkan level Gunung Raung dari normal (I) ke waspasa (II) pada pukul 13.00 WIB. 

"Status Gunung Raung sudah ditingkatkan ke level II waspada pada pukul 13.00 WIB tadi," ujar Petugas Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Raung, Burhan Alethea, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: 6 Fakta Seputar Gunung Raung, Punya Jalur Paling Ekstrem di Pulau Jawa

2. BPBD dan Pemda diminta melakukan koordinasi secara intensif

Gunung Raung Kembali Erupsi, PVMBG Naikkan Status WaspadaGunung Raung. Instagram.com/raungcamp

Sesuai surat edaran yang dikeluarkan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, status level waspada dikeluarkan berdasarkan evaluasi hasil pengamatan visual dan instrumental (alat) yang menunjukkan gejala peningkatan aktivitas vulkanik.

"Sebaran material hembusan abu masih berada di sekitar kawah puncak Gunung Raung. Tapi sebaran abu bisa terbawa ke tempat lebih jauh sesaui arah angin," ujarnya.

Burhan melanjutkan, PVMBG bersama telah menyampaikan ke BPBD, pemerintah daerah hingga provinsi untuk meningkatkan koordinasi memantau perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Raung.

3. Warga dan wisatawan diminta tak medekat pada radius 2 kilometer

Gunung Raung Kembali Erupsi, PVMBG Naikkan Status WaspadaIlustrasi Gunung Meletus (Merapi) (IDN Times/Arief Rahmat)

Pihaknya bersama BPBD juga mengimbau kepada wisatawan maupun masyarakat agar tidak mendekati kawasan Gunung Raung dengan radius 2 kilometer dari pusat kawah.

"Dalam tingkat aktivitas level II, kami mengimbau agar masyarakat maupun wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi kawah puncak," ujarnya.

Sebelumnya, pada Juni 2020 Gunung Raung mengalami erupsi hingga dinaikkan ke level waspada. Status level waspada tersebut baru berakhir pada 27 November 2020 dari level waspada menjadi kembali normal.

Baca Juga: Hari Ini Gunung Raung Sudah Normal Setelah 4 Bulan Berstatus Waspada

Topic:

  • Mohamad Ulil Albab
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya