Dicari Relawan Lintasan KA Tak Berpalang di Banyuwangi, Ini Syaratnya

Ada puluhan perlintasan tanpa palang pintu di Banyuwangi

Banyuwangi, IDN Times - Menyambut momen mudik Lebaran 2022, warga yang tinggal di kawasan lintasan rel kereta api tidak berpalang pintu, akan direkrut menjadi relawan. Syaratnya, warga sekitar lintasan dan mau menyisihkan waktu tidak berkumpul dengan keluarga. Di Banyuwangi, terdapat puluhan titik lintasan rel kereta yang tidak berpalang. 

1. Lintasan tak berpalang pintu akan dijaga 24 jam

Dicari Relawan Lintasan KA Tak Berpalang di Banyuwangi, Ini SyaratnyaDok.IDN Times/istimewa

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi, Dwiyanto mengatakan, pihaknya akan merekrut para relawan yang siap menjaga selama 24 jam secara bergantian.
Menjaga arus lalu lintas di titik perlintasan yang ramai dilewati pengendara.

“Relawan ini adalah warga yang berdomisili di sekitar perlintasan kereta. Di setiap titik dilakukan penjagaan selama 24 jam selama arus mudik. Mereka dilatih langsung oleh PT. KAI, sehingga sudah tahu tata cara pengamanannya,” kata Dwi, Selasa (26/4/2022).

2. Harus rela tidak lebaran bareng keluarga

Dicari Relawan Lintasan KA Tak Berpalang di Banyuwangi, Ini SyaratnyaIlustrasi Pengendali Palang Kereta Api (Unsplash/Devana Jallaludin)

Syarat selanjutnya, para relawan harus siap menyisihkan waktu tidak merayakan lebaran bersama keluarga. Kerelaan untuk tidak berkumpul dengan keluarga saat lebaran memang menjadi keharusan. Sebab, mereka akan secara bergantian menjaga perlintasan selama 24 jam tanpa henti.

Menurut Dwiyanto, saat lebaran, arus lalu lintas dipastikan akan semakin padat. Hal ini pun akan membuat potensi terjadinya kecelakaan di perlintasan makin besar. Selain merekrut relawan penjaga perlintasan kereta api, perbaikan jalan rusak juga dikebut.

Baca Juga: Mobil Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Tanpa Palang Pintu di Kediri

3. H-4 jalan raya berlubang harus tuntas

Dicari Relawan Lintasan KA Tak Berpalang di Banyuwangi, Ini SyaratnyaIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU Cipta Karya, Penataan Ruang, dan Permukiman (PU CKPP) Banyuwangi, Danang Sugiarto akan kejar target melakukan tambal sulam jalan raya yang berlubang hingga H-4 Lebaran.

"Pengerjaan penambalan jalan berlubang, pemeliharaan jembatan dan drainase dilakukan sampai malam hari. Targetnya selesai minus empat hari lebaran," ujar Danang.

Danang mengatakan, pemeliharaan rutin diprioritaskan pada jalan-jalan poros penghubung antar kecamatan. “Kami lakukan tambal sulam pada ruas jalan yang kerusakannya tidak lebih dari 23 persen. Kurang lebih ada 125 titik dengan panjang mencapai 200 kilometer se-Banyuwangi,” ujarnya. Selain itu, Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dan taman-taman di sepanjang jalan protokol juga akan diperbaiki.

Baca Juga: Lagi, Pria Tewas Di Perlintasan Kereta Api Tambak Mayor Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya