Datang ke Banyuwangi Moeldoko Teringat Masa Kecilnya Ketika di Kampung

Moeldoko langsung teringat masa kecil saat di desa

Banyuwangi, IDN TIMES - Kepala Kantor Staf Presiden, Jendral (Purn) Moeldoko, mengunjungi Kabupaten Banyuwangi. Sesampai di Banyuwangi, Moeldoko menikmati beragam kuliner khas dan keramahan masyarakat Using di Desa Kemiren.

Baca Juga: Bertemu Ma'ruf, Moeldoko Bantah Bahas Polemik Buta-Budek

1. Makan seafood hingga minum kopi

Datang ke Banyuwangi Moeldoko Teringat Masa Kecilnya Ketika di KampungKBR

Moeldoko ditemani Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menikmati makanan ikan laut khas Banyuwangi, mulai ikan bakar, sup ikan, kepiting, hingga kerang. 

Usai menyantap seafood, Moeldoko diajak mengunjungi Sanggar Genjah Arum di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Sebuah sanggar seni berarsitektur bangunan khas Suku Osing yang menyajikan kopi lokal unggul.

2. Bercerita kepada anak dan istrinya

Datang ke Banyuwangi Moeldoko Teringat Masa Kecilnya Ketika di Kampungpadmagz.com

Moeldoko menikmati kopi yang diproduksi warga setempat sembari diiringi lantunan musik tradisional Banyuwangi di Sanggar Genjah Arum.

"Menikmati kopi Osing yang aromanya lezat di lingkungan yang sangat natural, membawa pesan ingin selalu kembali ke Banyuwangi. Saya sudah sampaikan ke anak dan istri saya untuk liburan ke Banyuwangi. Saya melihat daerah ini tumbuh sangat baik," ujar Moeldoko, Senin (26/11).

3. Turut bermain musik lesung, ingat masa kecil

Datang ke Banyuwangi Moeldoko Teringat Masa Kecilnya Ketika di KampungKBR

Dalam kesempatan tersebut, Moeldoko juga turut serta memainkan alat musik dari lesung padi. Dia bermain irama musik lesung bersama nenek-nenek Desa Kemiren.
Berulang kali mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu tertawa lepas mengekspresikan kegembiraannya.

"Sangat alami. Main lesung langsung mengingatkan pada masa kecil saya di kampung. Saya sangat menikmati Banyuwangi. Pengembangan seni-budaya di sini luar biasa," katanya.

4. Pengembangan pariwisata Banyuwangi dukungan pemerintah pusat

Datang ke Banyuwangi Moeldoko Teringat Masa Kecilnya Ketika di KampungIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan perkembangan pariwisata daerahnya tidak terlepas dari peran pemerintah pusat. Pengembangan pariwisata adalah bagian dari upaya menggerakkan sektor-sektor ekonomi domestik dan meningkatkan produktivitas rakyat, sesuai yang digariskan di Nawacita Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

“Dukungan pemerintah pusat juga luar biasa terhadap inovasi Banyuwangi, mulai dari pengembangan bandara, infrastruktur pariwisata, hingga peningkatan sektor pertanian,” kata Anas. 

Baca Juga: Kasus Ratna Sarumpaet, Moeldoko: Jangan Terburu-buru Melakukan Sikap

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya