Cegah COVID-19 Masuk, Bondowoso Bentuk Satgas Khusus di Perbatasan

Hingga saat ini belum ditemukan kasus positif corona di sana

Bondowoso, IDN Times - Satuan Tugas penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Bondowoso menyiapkan posko observasi gabungan di terminal wilayah setempat. Kehadiran mereka untuk memeriksa setiap pendatang yang masuk meski hingga saat ini belum ditemukan kasus warga yang positif terpapar Covid-19.

Tidak hanya di terminal, tim Satgas juga sedang menyiapkan pos penjagaan di lima titik pintu masuk Bondowoso untuk mencegah adanya penularan Covid-19. Terdapat 10 personil gabungan yang menjaga posko, mulai dari TNI, Polri, Dinkes, dan BPBD.

1. Setiap pendatang akan diperiksa kesehatannya

Cegah COVID-19 Masuk, Bondowoso Bentuk Satgas Khusus di PerbatasanPenyemprotan disinfektan di Bondowoso. IDN Times/Istimewa

Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz mengatakan, setiap pendatang dari berbagai kota akan mengikuti prosedur observasi, mulai cuci tangan, masuk bilik disinfektan, dan pengukuran suhu tubuh.

"Apabila ada yang sakit langsung akan kita arahkan ke rumah sakit. Jadi kita mencegah masuknya virus corona ke Bondowoso," ujar Kapolres Erick, saat meninjau posko, Selasa (31/3).

2. Mendirikan posko di zona pintu masuk hingga Idul Fitri

Cegah COVID-19 Masuk, Bondowoso Bentuk Satgas Khusus di PerbatasanIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Ia merencanakan akan membuat posko serupa di beberapa tempat lainnya, yakni sekitar lima posko di pintu-pintu masuk Bondowoso.

"Kita menyiapkan sampai idul fitri nantinya. Karena antisipasi pemudik-pemudik dari kota besar yang kembali ke Bondowoso. Kita tidak ingin adanya pemudik yang menjadi carrier," katanya.

3. Dijaga mulai pukul 04.30 WIB

Cegah COVID-19 Masuk, Bondowoso Bentuk Satgas Khusus di PerbatasanIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Kepala BPBD Bondowos, Kukuh Triatmoko mengatakan bahwa petugas akan berada di posko tersebut mulai dari pukul 04.30 WIB hingga 24.00 WIB.

"Itu jam-jam kedatangan bus di Terminal Bondowoso ini,"ujarnya.

Ia menerangkan bahwa setiap pendatang akan diarahkan oleh petugas untuk mengikuti prosedur observasi.

" Kepada para penumpang dianjurkan untuk mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Nanti kita juga pasang banner di sini, prosedur observasinya," ujarnya

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyemprotan disinfektan di semua titik fasilitas umum dan Terminal Bondowoso.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya